MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X SMA 3 BANTUL

Wahyu Widyastuti, SMA N 3 Bantul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam
pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, dan (2) meningkatkan penguasaan konsep biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk memberikan makna keberhasilan digunakan kriteria relatif yaitu apabila setelah penerapan pembelajaran hasil penilaian aktivitas siswa menunjukkan katagori tinggi,serta ≥85 % dari jumlah siswa mencapai ketuntasan belajar ≥75 %. Hasil penelitian menunjukkan secara nyata bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation mampu (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, 2) meningkatkan penguasaan konsep biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, ini ditunjukkan dengan peningkatan rerata nilai dari 51,56
sebelum tindakan menjadi 69,38 pada siklus 1 dan 80,38 pada siklus 2


Keywords


Pembelajaran Kooperatif Group Investigation, Aktivitas, Penguasaan konsep

Full Text:

PDF PDF

References


Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anonim. (2006). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi SMA dan MA. Depdiknas: BNSP.

Ari Sulistyorini. 2009. Biologi 1 untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Al-iyah Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

C. Griya Astuti. (2001). Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Diah Aryulina. (2006)). Biologi 1 SMA dan MA untuk Kelas X. Jakarta: Esis.

E. Mulyasa. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana dan Wari Suwarsih. (1991). Model-model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru




DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v21i2.20101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter