Pendampingan Manajemen Keuangan Sekolah Guna Meningkatkan Pemberdayaan Sekolah
Kata Kunci:
Manajemen keuangan , Pemberdayaan sekolah, PendampinganAbstrak
Kemampuan memanajemen keuangan dalam bidang pendidikan merupakan hal yang cukup krusial. Melalui perencanaan, pengawasan, dan pertanggungjawaban yang baik membuat keuangan sekolah menjadi solid dan efektif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan manejemen keuangan dan audit internal LMNU DIY. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah forum group discussion, ceramah, simulasi, dan praktik. Subjek pengabdian kepada masyarakat yang dilibatkan terdiri dari kepala sekolah, bendahara sekolah, dan pengurus LPMNU DIY sebanyak 51 orang. Kegiatan berlangsung dari bulan Maret 2024 sampai Agustus 202 4. Instrumen dalam mengukur tingkat keberhasilan penelitian dengan menggunakan angket kepuasan peserta pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan dan pengetahuan terkait manajemen keuangan dan audit internal yang didapatkan anggota LP Ma’arif NU DIY mengalami peningkatan sebelum dan setelah pendampingan. Melalui pendampingan yang telah dilakukan, LP Ma’arif NU DIY menjadi lebih mandiri dalam mengelola dan mengatasi tantangan manajemen keuangan serta membuat keputusan yang lebih baik untuk keberlanjutan sekolah.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JURNAL PUNAKAWAN

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.