Pengaruh Pemahaman Membaca Gambar Kerja Terhadap Pemahaman Aplikasi Autodesk Inventor 2D & 3D

Penulis

  • Rifky Eka Saputra Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Paryanto Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Maryuwono SMK Negeri 2 Yogyakarta

Kata Kunci:

membaca gambar kerja, Autodesk Inventor, pemesinan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman membaca gambar kerja, mengetahui pemahaman aplikasi autodesk inventor 2D & 3D, pengaruh pemahaman membaca gambar kerja terhadap pemahaman aplikasi autodesk inventor 2D & 3D. Penelitian ini menggunakan metode expost facto, populasi pada penelitian ini 64 siswa kelas XII. Pengumpulan data menggunakan soal tes. Analisis data menggunakan deskriptif, uji prasyarat analisis dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa dalam membaca gambar kerja dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 71,98. Pemahaman siswa dalam aplikasi autodesk inventor 2D & 3D dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 76,04. Terdapat pengaruh yang positif antara pemahaman membaca gambar kerja terhadap pemahaman aplikasi autodesk inventor 2D & 3D (r = 0,876).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adityo. (2016). Pengaruh Kemampuan Membaca Gambar Kerja dan Pemahaman Teori Pengukuran Terhadap Kemampuan Membubut Siswa Kelas XI Teknik Mesin SMK Ma'rif Salam Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Giesecke, F. E. (2000). Gambar Teknik. Jakarta: Erlangga.

Hidayat, N., & Shanhaji, A. (2011). Autodesk Inventor Mastering 3D Mechanical Design. Bandung: Informatika.

Huda, Y. F. (2012). Panduan Mudah Menggambar Mesin Dengan Autodesk Inventor. Yogyakarta: Andi Offset.

Juhana, O., & Suratman, M. (2012). Menggambar Teknik Mesin Dengan Standar ISO. Bandung: Pustaka Grafika.

Polii, A. A. (2023). Kemampuan Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Migas Cepu Dalam Penguasaan Fitur CAD 3D Autodesk Inventor. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Premana, I. C. (2016). Kualitas Dalam Kemampuan Memahami Gambar Kerja Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Presiden Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Tujuan Pendidikan Kejuruan.

Subiyono. (2012). Metode Perancangan Alat Mesin Sederhana Untuk Wirausaha Kreatif. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiyanto. (2012). Menggambar Teknik Mesin. Yogyakarta: Kanisius.

Sukardi. (2003). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tuakia, F. (2008). Pemodelan CAD 2D dan 3D Menggunakan Autodesk Inventor. Bandung: Informatika.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-30