Hubungan Fasilitas Bengkel dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Praktik Fabrikasi

Penulis

  • Egik Nur Afiyanto Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Khusni Syauqi Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Kata Kunci:

fasilitas bengkel, motivasi, praktik, fabrikasi, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan fasilitas bengkel terhadap hasil belajar praktik, seberapa besar hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar praktik, dan seberapa besar hubungan fasilitas bengkel dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar praktik siswa kelas XI TFLM SMK Negeri 2 Depok Sleman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 65 siswa dan semuanya dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan fasilitas bengkel memiliki hubungan positif dan signifikan dengan nilai r hitung sebesar 0,608, motivasi belajar memiliki hubungan positif dan signifikan dengan nilai r hitung sebesar 0,460, dan fasilitas bengkel dan motivasi belajar secara bersama-sama memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap hasil belajar praktik dengan nilai r hitung sebesar 0,753.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardiansyah, D., Jauhari, A., & Yunita, R. (2020). Perancangan Fasilitas Bengkel Teknik Mesin pada SMK Negeri 1 Bekasi. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi, 2(2).

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. (2018). Peraturan Menteri Nomor 34 Tahun 2018 tentang Tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, 5(2), 93-196.

Krismiyati, K., & Yulia, H. (2023). The relationship between student engagement and their perception of success in online learning. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 29 (1), 12-22.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zami, Z.I.Z. & Widodo, S.F.A. (2021). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Soft Skills dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. 9 (1),73-80.

Diterbitkan

2024-03-29