Pengembangan Media Pembelajaran CAD/CAM untuk Mendukung Pencapaian Kompetensi Pemrograman NC/CNC

Penulis

  • Rohmad Sakuri Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Febrianto Amri Ristadi Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Kata Kunci:

video pembelajaran, G code, contour, pocket, slot

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan proses pengembangan, kelayakan, dan membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran CNC Milling dengan media pembelajaran berbasis video pada mata kuliah CNC Milling menggunakan mesin CNC Milling Feeller FVP 1000. Metode penelitian yang dipilih yaitu Research and Development (RnD) dengan model desain pengembangan ADDIE (Analyze-Design-Development-Implement-Evaluate). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Departemen Pendidikan Teknik Mesin FT UNY yang sedang mengambil mata kuliah Teknologi Pemesinan CNC, dengan jumlah 28 mahasiswa. Objek penelitian yaitu video pembelajaran tentang penggunaan CAM untuk menghasilkan program CNC agar dapat diaplikasikan pada mesin CNC yang sebenarnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan sampling terbatas. Kelayakan media pembelajaran dinilai oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian didapatkan media pembelajaran berupa 10 video pembelajaran yang terdiri dari: proses setup alat potong dan benda kerja, proses pemotongan pada facing, contour, pocket, slot, drill, memperoleh G-Code dari aplikasi CAM. Selain itu, video yang dihasilkan adalah cara pengoperasian mesin CNC Milling. Hasil evaluasi dan penilaian terhadap video tersebut dari ahli materi, ahli media dan respon pengguna menunjukkan bahwa kelayakan video pembelajaran memperoleh skor rata-rata sebesar 3.73, dimana hasil ini memperlihatkan video sangat layak untuk digunakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afrilianasari, Fisa. (2014.) Pengembangan Modul Cetak Gambar Ilustrasi Mata Pelajaran Seni Rupa Untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP N 6 Magelang. Tidak Diterbitkan . Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Alfin Hidayat dan Hargiyarto Putut. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan (K3) Berbasis Microsoft Office Power Point di SMK N 3 Yogyakarta. Tidak Diterbitkan. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Borg, W.R & Gall, M.D (1983). Education research: an introduction. 4th Edition.

Hasan M., Milawati, Darodjat, Khairani T. H., Tahrim T., (2021) Media Pembelajaran merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa. Klaten : Tahta Media Group.

Hidayat F. N. (2021). Pengembangan E-Modul Autodesk Inventor MBD. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Mukhadis A., Muda N., Taufik M. (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Komputer Menggunakan Software CAD/CAM Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Memprogram Mesin Frais CNC New York: Longman Inc.

Pemerintah Indonesia. (2002). Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2002 Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Lembaran Negara RI Tahun 2002 Nomor 4219. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Pemerintah Indonesia. (2019). Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Lembaran Negara RI Tahun 2019 Nomor 6374. Jakarta: Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Sekaran, U. & Bougie, R. 2017. Metode Penelitian untuk Bisnis. (Edisi 6 Cetakan 2). Jakarta: Salemba Empat.

Shelton, K., Slatsman, G. (2008). Applying the ADDIE Model to Online Instruction. Dalam Lawrence A. Tomei (Ed.), Adapting Information and Communication Technologies for Effective Education. Hal 41-58. Robert Morris University, USA.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijanarka S.B., Rahdiyanta D., Purnomo E., Ryan D.S., Setiawan A. dan Dhani S. (2013). Penerapan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Pembelajaran CAD dan Pemesinan CNC di SMK ”. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Volume 6, Nomor 2, Tahun 2018.

Diterbitkan

2024-09-09