Pengembangan Handbook Checking ABC untuk Area Batching PT Sarihusada Generasi Mahardika

Penulis

  • Ahmad Amaanullah Robbani Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Riswan Dwi Djatmiko Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Kata Kunci:

pengembangan, pengecekan ABC, batching, model 4D, buku pedoman

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa handbook ABC Checking area batching IWSnF (Internal Warehouse Staging and Formulating) PT. Sarihusada Generasi Mahardika dan mengetahui tingkat kelayakan dari produk tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Four-D Models, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi lapangan, wawancara kepada karyawan, serta angket yang melibatkan dua orang ahli materi dan satu orang ahli media. Teknik analisis data menggunakan skala likert serta menerapkan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Handbook ABC Checking area batching dengan model pengembangan Four-D Models. Menghasilkan handbook yang terdiri dari 45 halaman, dengan enam uraian materi pokok yaitu safety policy, cardinal rules, 12 basic safety rules, analisis peta risiko kerja area batching, safety equipment, dan do and do not in the batching work area; (2) Kategori kelayakan handbook ABC Checking area batching yaitu Sangat Layak, dengan skor akhir 3,69. Kelayakan produk dari segi materi mendapatkan skor akhir 3,67. Dan kelayakan produk dari segi media mendapatkan skor akhir 3,73.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi. Rev). Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses pada tanggal 28 Juli 2023 dari https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf.

Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2012. Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Presiden Republik Indonesia; 2012.

Santia, T. (2023). Jumlah Kecelakaan Kerja Terus Meningkat. Diakses pada tanggal 30 Juli 2023 dari https://www.merdeka.com/uang/jumlah-kecelakaan-kerja-terus-meningkat-dalam-3-tahun.html

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alphabet.

Sukmadinata, N. S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thiagarajan S., Semmel D., & Semmel M. I. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children: A Sourcebook. Minneapolis: Central for Innovation on Teaching the Handicaped.

Umar, Husein. (2002). Metode Penelitian dalam Aplikasi Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Diterbitkan

2024-03-29