Analisis Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Bengkel Pengelasan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen
Kata Kunci:
keselamatan, kesehatan, regulasi, pengelasanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja yang dilaksanakan oleh siswa kelas XI dan XII Teknik Pengelasan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen, yang dapat diketahui dari kepatuhan siswa terhadap peraturan K3, pengetahuan K3 siswa, dan sikap K3 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berjenis kuisioner. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII Teknik Pengelasan di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen dengan jumlah siswa secara keseluruhan berjumlah 67 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: rata-rata siswa sudah menjalankan peraturan K3 dengan baik dengan nilai persentase sebesar 78,4%, rata-rata pengetahuan K3 yang dimiliki oleh siswa sudah baik dengan nilai persentase sebesar 80%, rata-rata sikap K3 siswa sudah baik dengan nilai persentase sebesar 63,6%. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 63,6% antara siswa dalam menjalankan peraturan K3 terhadap sikap K3 siswa. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 59,1% antara pengetahuan K3 siswa terhadap sikap K3 siswa. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 69,7% antara siswa menjalankan peraturan K3 dan pengetahuan K3 siswa secara bersama-sama terhadap sikap K3 siswa.
Unduhan
Referensi
Anizar. (2009). Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Kristianto, Y.S. dan Sukardi, P. (2021). Pengaruh Pengetahuan Pemesinan, Sikap Kerja dan Keterampilan Pemesinan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan di SMKN 1 Sedayu. JPVTM, 9 (1), 69.
Kuswana, W.S. (2014). Ergonomi dan K3 : Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Notoadmojo, S. (2005). Promosi Kesehatan teori dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto, M.N. (2002). Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahayuningsih, S.U. (2008). Psikologi Umum 2 . Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Redjeki, S. (2016). Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan.
Republik Indonesia. (2003). Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Rifa dan Ahmad, I. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.