Analisis Minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Terhadap Profesi Guru Kejuruan

Penulis

  • Syahrul Ramadhan Adi Prakoso Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Riswan Dwi Djatmiko Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Kata Kunci:

perhatian, perasaan, kemauan, keluarga, sosial

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat minat mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2019 terhadap profesi guru SMK lulus pendidikan kuliah sarjana dan untuk mengetahui faktor dari minat mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2019 terhadap profesi guru SMK terhadap profesi guru SMK di bidang pemesinan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2019 terhadap profesi guru SMK dapat disimpulkan dalam kategori rendah atau tidak berminat dengan persentase rata-rata 59% dan indikator minat mahasiswa untuk berprofesi sebagai guru SMK menjadi rendah adalah indikator perhatian (58%), indikator kemauan (58%), dan indikator lingkungan sosialĀ  (58%).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Budi Utama.

Hamid, A. (2017). Guru Professional. Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274-285.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2013, tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan.

Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2017, tentang Standar Pendidikan Guru.

Purwanto, M. N. (2002). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Presiden Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.

Rahmat, P. S. (2020). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjiono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uyun, M. & Yoseanto, B. L. (2022). Seri Buku Psikologi: Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-29