Pengaruh Pengetahuan Dunia Kerja dan Pengalaman Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Kerja

Penulis

  • Cahya Prasetiawan Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Syukri Fathudin Achmad Widodo Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Kata Kunci:

pengetahuan, pengalaman, dunia kerja, praktik kerja lapangan, kesiapan kerja

Abstrak

Sekolah menengah kejuruan memiliki tujuan utama untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh pengetahuan dunia kerja terhadap kesiapan kerja, pengaruh pengalaman praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja, pengaruh pengetahuan dunia kerja dan pengalaman praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian adalah Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, korelasi, dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pengetahuan dunia kerja terhadap kesiapan kerja sebesar 45,9%, terdapat pengaruh positif dan signifikan pengalaman praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja sebesar 42,7%, terdapat pengaruh positif dan signifikan pengetahuan dunia kerja dan pengalaman praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja sebesar 51,2%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Badan Pusat Statistik. (2023). Agustus 2022: tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 5,86 persen. Diakses pada 25 Januari 2023 pukul 18.15 WIB dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/05/09/1915/februari-2022--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-83-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-2-89-juta-rupiah-per-bulan.html

Baiti, A.A. (2014). Pengaruh pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 165-166.

Rahman, Dzulfiqar Fathur. (2022). Tingkat pengangguran terbuka lulusan SMK paling tinggi. Databoks.Diakses pada 25 januari 2023 pukul 15.00 WIB dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/10/10-lulusan-smk-menganggur-pada-februari-2022#:~:text=Silakan%20login%20untuk%20mengakses%20informasi,Daftar%20sekarang!&text= Menurut%20laporan%20Badan%20Pusat%20Statistik,%2C%20yaitu%2010%2C38%25.

Kartono, K. (1991). Menyiapkan dan memandu karier. Jakarta: Rajawali Pers.

Kurniawan, A.W. & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Paryanto & Sudiyatno. (2011). Implementasi model assessment for learning (AfL) pada pembelajaran proses pemesinan di jurusan pendidikan teknik mesin FT UNY. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 20(1), 45.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-29