Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Gambar Teknik Siswa SMK Negeri 2 Wonosari

Penulis

  • Danu Krishna Wardhana Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Syukri Fathudin Achmad Widodo Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Kata Kunci:

kecerdasan emosional, prestasi belajar, gambar teknik, regresi

Abstrak

Kecerdasan emosional siswa berperan penting dalam meraih prestasi belajar. Guru gambar teknik di SMK Negeri 2 Wonosari mengungkapkan bahwa terdapat beberapa siswa yang kurang mampu mengendalikan emosinya ketika proses pembelajaran. Siswa cenderung cepat mengeluh dan tidak memperhatikan pelajaran dengan seksama,  cepat menyerah ketika diberikan tugas menggambar yang lebih sulit dari biasanya, mencari alasan untuk tidak mengerjakan tugas, mengganggu teman sebangku ketika pelajaran, serta sering terlambat mengumpulkan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar gambar teknik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif inferensial. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Wonosari. Teknik sampling menggunakan metode sampling jenuh atau total sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar gambar teknik siswa kelas X SMK Negeri 2 Wonosari dengan koefisien determinasi (  sebesar 0,221.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dalyono, M. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Goleman, D. (2002). Kecerdasan Emosional. Jakarta : Gramedia

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Pemerintah Indonesia. Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tambahan Lembaran Negara RI Tahun 2003, Nomor 4301. Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-29