Pengembangan E-Modul 3D Printing Mata Kuliah Cad 3D di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin
Kata Kunci:
pengembangan, e-modul, 3D print, CAD 3DAbstrak
Kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan sektor pendidikan, salah satunya dengan menciptakan inovasi berupa transformasi modul menjadi e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul 3D printing berbantuan flip book untuk mata kuliah CAD 3D di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Yogyakarta dan menguji kelayakannya melalui validasi oleh ahli. Jenis penelitian pengembangan Research dan Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Populasi penelitian adalah peserta didik yaitu mahasiswa semester 4 yang sedang menempuh mata kuliah CAD 3D. Sampel penelitian sebanyak 40 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi potensi, lembar validasi oleh validator ahli materi, media, dan praktisi, serta lembar angket respon peserta didik terhadap kelayakan produk. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran e-modul 3D printing berbantuan flip book valid dan layak untuk dikembangkan maupun digunakan.
Unduhan
Referensi
Agustin, E. C., Dwi Kusumajanto, D., Dian Wahyudi, H., & Hidayat, R. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Flip Builder pada Mata Pelajaran Marketing (studi pada kelas X bisnis daring dan pemasaran SMKN 1 Turen). Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(2), 163–171.
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model Web Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1–12.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan bahan ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Ferdianto, F., Setiyani, & Nurulfatwa, D. (2019). 3D Page Flip Professional: Enhance of Representation Mathematical Ability on Linear Equation in One Variable. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 1-9. Diakses tanggal 22 Juli 2023 dari https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012043
Herlina, S. (2019). Desain Modul Pengantar Dasar Matematika untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 107– 115.
Nisa, H. A., Wahyu, R., & Putra, Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 13–25.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Model Flipped-Blended Learning. Genta Mulia, 11(2), 150–163.
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Septora, R. (2017). Pengembangan Modul dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 2(1), 86-98.
Seruni, R., Munawaroh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektonik (E-Modul) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. Jurnal Tadris Kimiya, 4(1), 48–56.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Simanihuruk. (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi, dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flip book Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116.
Wahyuni, A. (2018). Pengembangan Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head (NHT) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Siak Hulu. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 293–299.
Wahyuni, S., Yati, M., & Fadila, A. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis REACT terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–12. Diakses tanggal 22 Juli 2023 dari https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4542.
Widodo, C. S., & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Ele XI Media Komputindo.