Pengembangan Modul Pelatihan Pengujian Mekanik untuk Junior Engineer di Material Technology Center PT Komatsu Indonesia

Penulis

  • Dyan Azizza Rahma Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sudji Munadi Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Kata Kunci:

modul pelatihan, pengujian mekanik, material, junior engineer

Abstrak

Modul pelatihan memiliki peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kompetensi tenaga kerja di industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pelatihan pengujian mekanik untuk Junior Engineer di Material Technology Center (MTC) PT Komatsu Indonesia dan mengetahui tingkat kelayakan modul dari aspek materi dan media. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan dari aspek materi memperoleh skor akhir 2,81 dari 4,00 dengan kategori layak dan dari aspek media memperoleh skor akhir 3,67 dari 4,00 dengan kategori sangat layak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ditjen Binalavotas. (2020). Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas tentang Pedoman Penyusunan Program dan Materi Pelatihan Berbasis Kompetensi No. 2/554/LP.00.01/VII/2020.

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Maria, A. & Prim. (2016). The 7 Fundamentals of Highly Performed Corporate University. Jakarta: PT. Intipesan Pariwara.

Prayudiyanto & Rofiq, Z. (2021). Pengembangan Buku Ajar Gambar Teknik Mesin Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Klaten. JDVTM. 9(2), 157-164.

Sutarti, T. & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Sleman: Penerbit Deepublish.

Suyitno, Widianto, I., & Masrul, S. B. (2018). Development of Learning Media for The Course of Two-Stroke Gasoline Motors to Improve Students Learning Outcomes. JPTK. 24(1), 83-90.

Tanjung, H. S. & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, 9, 56-70.

Umar, H. (2022). Metode Penelitian dalam Aplikasi Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Waraulia, A. M. (2020). Bahan Ajar: Teori dan Prosedur Penyusunan. Madiun: UNIPMA Press (Anggota IKAPI).

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-29