Pengembangan Modul Pembelajaran Gambar Teknik Manufaktur di SMK Negeri 1 Kaligondang
Kata Kunci:
gambar teknik manufaktur, modul pembelajaran, penelitian dan pengembangan, teknik pemesinanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran gambar teknik manufaktur di SMK Negeri 1 Kaligondang; (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran gambar teknik manufaktur di SMK Negeri 1 Kaligondang; (3) mengetahui respons pengguna modul pembelajaran gambar teknik manufaktur di SMK Negeri 1 Kaligondang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974) meliputi tahap: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket/kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
(1) telah tersusun produk berupa modul pembelajaran gambar teknik manufaktur untuk kelas XI jurusan teknik pemesinan di SMK Negeri 1 Kaligondang; (2) modul pembelajaran yang dihasilkan menurut dosen ahli materi layak (73.91%), menurut dosen ahli media sangat layak (92.68%), menurut guru ahli materi layak (77.17%), dan menurut guru ahli media sangat layak (98.78%); (3) respons dari peserta didik sebagai pengguna modul menyatakan modul pembelajaran sangat layak (90.50%).
Unduhan
Referensi
AD Puspitasari. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17–
25.
Dewanti, G. (2023). Pengembangan modul pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis blended learning untuk meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta.
Eggen, Paul., & Kauchak, Don. (2012). Strategi dan model pembelajaran: mengajarkan konten dan keterampilan berfikir (6th ed.). Indeks.
Fatmi, Nuraini., Nadia, Eka., & Siska, Deassy. (2021). Pengaruh penggunaan modul pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 68–80.
Fitri, L. A., Kurniawan, E. S., & Ngazizah, N. (2013). Pengembangan modul fisika pada pokok bahasan listrik dinamis berbasis domain pengetahuan sains untuk mengoptimalkan minds-on siswa SMA Negeri 3 Purworejo kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 19–23.
Sudjana, Nana., &., & Rivai, Ahmad. (2013). Media pengajaran (penggunaan dan pembuatannya). Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. L. (1974). Instruction development for training teacher of exeptional children. Indiana Univercity.