Perancangan Ulang UI/UX Sistem Informasi PI-Pkl-Magang UNY Menggunakan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.21831/jiety.v3i1.1259Keywords:
desain ulang, design thinking, user interface, user experience, SIPKL UNYAbstract
Penelitian dibuat dengan tujuan untuk merancang ulang User Interface (UI) dan User Experience (UX) situs web Sistem Informasi PI-PKL-Magang Universitas Negeri Yogyakarta menggunakan metode Design Thinking. Pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan desain baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan kepuasan pengguna dan (2) mengetahui kelayakan desain baru tersebut. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan metode Design Thinking. Pendekatan ini diterapkan dalam proses pengembangan untuk dapat lebih memfokuskan pada pengguna. Metode ini terdiri dari lima langkah, yaitu (1) Emphatize, (2) Define, (3) Ideate, (4) Prototype, dan (5) Test. Perancangan produk pada penelitian ini menggunakan aplikasi Figma dengan hasil akhir berupa prototipe untuk diujikan ke 40 pengguna. Dalam tahap pengujian, digunakan dua instrumen yaitu System Usability Scale (SUS) untuk mengukur usability dan User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mengukur user experience. Hasil dari penelitian yaitu (1) produk hasil desain ulang UI/UX situs web SIPKL UNY yang dikembangkan ini berhasil menjawab permasalahan yang dialami oleh pengguna. (2) Berdasarkan pengujian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil desain ulang UI/UX situs web SIPKL UNY layak untuk diwujudkan. Produk desain ulang ini mendapatkan hasil “Sangat Baik” pada kuesioner SUS dan hasil “Excellent” pada 5 dari 6 aspek UEQ yang berarti produk mendapatkan kesan positif dari segi kenyamanan pengguna.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Information Engineering and Technology

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.