HAMBATAN-HAMBATAN YANG DIHADAPI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK N 3 YOGYAKARTA
Keywords:
Kurikulum Merdeka, Pembelajaran, HambatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka selama proses persiapan dan pelaksanaan pembelajaran di SMKN 3 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penlitian survei, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, responden dalam penelitian ini adalah guru SMKN 3 Yogyakarta yang berjumlah 56 orang, yang didapatkan melalui rumus Slovin. Pengujian validitas menggunakan validitas konstruk dengan product momen Pierson, pengujian realiabilitas data menggunakan rumus Cronbach’s Alpha dan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan hambatan yang dihadapi guru SMKN 3 Yogyakarta dalam persiapan pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka adalah guru mengalami kesulitan dalam membuat asesmen diagnostik yang menunjukkan mean 2,77 atau 69,6% dan pemahaman guru terhadap Kurikulum Merdeka yang menunjukkan mean 2,65 atau 59,6%. Hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran adalah kesiapan sarana dan prasarana yang menunjukkan mean 2,79 atau 73,3%, dan kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan mean 2,64 atau 60,7%.
Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran, Hambatan.