Discord Sebagai Media Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X TAV SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Keywords:
media pembelajaran, fitur, pengembangan, discordAbstract
Penggunaan media pembalajaran di Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta kurang menunjang proses pembelajaran yang berlangsung, dikarenakan fitur yang terdapat pada media pembelajaran yang sudah ada, sehingga diperlukan alternatif lain yang memiliki fitur yang lebih menunjang proses pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelaran berbasis discord. Penelitian ini merupakan model penelitian Research and Developoment dan menggunakan model pengembangan APPED dengan 5 langkah pengembangan, yaitu Analisis dan Penelitian Awal, Perancangan, Produksi, Evaluasi, dan Diseminasi. Selaku subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TAV SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pengumpulan data terhadap evaluator, yaitu ahli media, ahli materi, dan subjek penelitian dengan metode kuesioner. Penelitian ini terdapat tiga hasil penilaian, yaitu penilaian ahli media yang diklasifikasikan “Sangat Layak” dengan persentase sebesar 85%, penilaian ahli materi yang diklasifikasikan “Sangat Layak” dengan persentase sebesar 86%, dan penilaian atau respon peserta didik yang diklasifikasikan “Sangat Layak” dengan persentase sebesar 80%.