TRAINING KIT MESIN STEMPEL PNEUMATIK BERBASIS ARDUINO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEKATRONIKA

Authors

  • M Habib Alfarisi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Mashoedah Universitas Negeri Yogyakarta

Keywords:

Media Pembelajaran, Penerapan Sistem Pneumatik, Training Kit Mesin Stempel Pneumatik Berbasis Arduino

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Merealisasikan rancang bangun Training Kit Mesin Stampel Pneumatik berbasis Arduino sebagai media pembelajaran Mekatronika di prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY, (2) Menguji kinerja Training Kit Mesin Stampel Pneumatik berbasis Arduino sebagai media pembelajaran Mekatronika di prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY, dan (3) Menganalisis tingkat kelayakan Training Kit Mesin Stampel Pneumatik berbasis Arduino sebagai media pembelajaran Mekatronika di prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement and Evaluate). Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika FT UNY dengan subjek penelitian mahasiswa semester 3 yang sedang mengikuti mata Kuliah Mekatronika sebanyak 40 mahasiswa dari 3 kelas praktik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Instrument angket diuji validitasnya menggunakan expert judgement. Reliabilitas instrument diuji menggunakan metode alfa cronbach. Data penelitian dianalisi dengan teknik analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini berupa: (1) Training Kit Mesin Stempel Pneumatik berbasis Arduino dikembangkan dengan metode pengembangan ADDIE dengan Batasan materi mengacu pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) pada mata kuliah Mekatronika, (2) Hasil pengujian Training Kit Mesin Stempel Pneumatik berbasis Arduino dapat berfungsi dan bekerja dengan baik, (3) Hasil uji tingkat kelayakan oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 91% dengan kategori “Sangat Layak”, hasil uji oleh ahli materi diperoleh persentase sebesai 93% dengan kategori “Sangat Layak”, dan hasil uji tingkat kelayakanoleh pengguna diperoleh persentase sebesar 94% dengan kategori “Sangat Layak”.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles