TRAINING KIT COUNTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMKN 1 PUNDONG
Keywords:
Counter, Media Pembelajaran, Penerapan Rangkaian ElektronikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Membuat media pembelajaran counter pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektrtonika untuk Jurusan Teknik Audio Video di SMKN 1 Pundong, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran counter pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektrtonika untuk Jurusan Teknik Audio Video di SMKN 1 Pundong. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Reaserch and Development dengan model pengembangan Borg & Gall yang telah disesuaikan oleh Sugiyono (2013) dengan media pembelajaran counter sebagai objek penelitian.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka dan kuisioner. Dua ahli materi dan dua ahli media dilibatkan untuk memvalidasi media pembelajaran, sementara 35 siswa terlibat dalam uji coba penggunaan. Hasil penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut. Tingkat validasi isi oleh para ahli materi menunjukkan validitas sebesar 91,25%, dan masuk dalam kategori “sangat layak”. Sementara itu, validasi konstrak oleh ahli media mencapai 90,38% dan juga berada dalam kategori “sangat layak”. Selanjutnya, dari hasil uji pemakaian oleh siswa, diperoleh angka 83,09% yang juga termasuk dalam kategori “sangat layak”. Berdasarkan ketiga aspek uji validitas jika digabung maka memperoleh angka 88,24%, sehingga media pembelajaran counter ini dapat dikategorikan sangat layak untuk digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran counter di SMKN 1 Pundong.