MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER CATU DAYA SISTEM OUTPUT TUNGGAL, SIMETRIS, DAN VARIABEL UNTUK PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS 10 KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO VIDEO DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Authors

  • Angga Iswantri Sutarno

Keywords:

Media Pembelajaran, Trainer, Catudaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang, membuat, mengetahui kinerja, dan mengukur kadar kelayakan media pembelajaran catu daya output tunggal, output simetris dan output variabel pada pembelajaran Elektronika Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Bantul.

Penelitian yang dilakukan jenis penelitian Research and Development (RnD). Penelitian ini mempunyai beberapa tahap yang terdiri dari: (1) tinjauan potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk. Objek penelitian ini adalah trainer catu daya output tunggal, output simetris, dan output  variabel. Penelitian tersebut mengambil subjek siswa kelas 10 Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Metode pengumpulan data menggunakan model quesioner dan wawancara. Analisa data yang digunakan adalah model deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menyatakan (1) media pembelajaran trainer catu daya dapat dibuat dalam tiga katagori yaitu tipe output tunggal, output simetris, dan output variabel, (2) unjuk kerja dari trainer catu daya menunjukkan catu daya dapat bekerja sesuai fungsinya dengan output tegangan DC. Hasil validitas konten dan konstruk menunjukkan trainer ini sangat layak, (3) Hasil pengujian penggunaan oleh 20 siswa kelas X menunjukkan katagori layak digunakan. Dengan data tersebut dapat ditunjukkan bahwa trainer catu daya ini dapat difungsikan sebagai media pembelajaran elektronika dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles