PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER UNTUK SISWA SMK NEGERI 2 PURWOKERTO
Keywords:
trainer, mikrokontroler, addieAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuat trainer yang dapat membantu siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri pada Mata Pelajaran Teknik Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler di SMK Negeri 2 Purwokerto, (2) mikroprosesor kelas XI Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Purwokerto, (3) Mmngetahui unjuk kerja dari trainer yang dikembangkan, Mengetahui tingkat kelayakan dari trainer yang dikembangkan untuk membantu siswa dalam Mata Pelajaran Teknik Pemrograman. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, dengan tahapan analisis analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (develop), implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan di Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Purwokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Angket yang digunakan sudah melalui uji validitas dan uji reabilitas. Adapun Analisis data yang digunakan menggunakan Teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Penilaian kelayakan dari ahli media sebesar 75 % dengan kategori layak dan dari ahli materi sebesar 86.25%. Tingkat kelayakan dari pengguna berdasarkan kriteria kualitas isi memperoleh presentase 90.44% dikategorikan “sangat layak”, kriteria penilaian kualitas pembelajaran memperoleh persentase 89.58% yang dikategorikan dengan “sangat layak”, kriteria penilaian tekniks mendapatkan presentase 94.94% dengan kategori “sangat layak” sehingga kualitas keseluruhan memperoleh presentase 91.99% yang dikategorikan dengan sangat layak