DAMPAK SISTEM PEMBELAJARAN BLOK BERBASIS TEACHING FACTORY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA BIDANG KEAHLIAN TAV PADA MATA PELAJARAN DASAR KEJURUAN DI SMKN 1 MAGELANG

Authors

  • Garjita Danurwenda
  • Muhammad Munir

Keywords:

Dampak, Sistem pembelajaran blok, teaching factory, smk, dasar kejuruan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dampak sistem pembelajaran blok berbasis Teaching Factory terhadap minat belajar siswa di SMKN 1 Magelang bidang keahlian Teknik Audio Video pada mata pelajaran Dasar Kejuruan, (2) mengetahui dampak sistem pembelajaran blok berbasis Teaching Factory terhadap hasil belajar siswa di SMKN 1 Magelang bidang keahlian Teknik Audio Video pada mata pelajaran Dasar Kejuruan.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian adalah di SMKN 1 Magelang dengan populasi adalah siswa bidang keahlian Teknik Audio Video tahun ajaran 2020/2021, 2021/2022, dan 2022/2023 dengan jumlah sampel sebanyak 103 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik sampling menggunakan teknik Stratified Random Sampling dengan rumus perhitungan Slovin untuk pengambilan sampel. Analisa data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.

Hasil yang didapatkan: (1) sistem pembelajaran blok berbasis Teaching Factory berdampak terhadap minat belajar siswa Teknik Audio Video tahun ajaran 2020/2021 hingga 2022/2023 yang termasuk kategori “Tinggi“ dengan nilai persentase sebesar 95,65%; 66,67%; dan 62,26% serta menunjukkan peningkatan sebesar 4,87 pada tahun ajaran 2020/2021 ke 2021/2022 dan penurunan sebesar 0,59 pada tahun ajaran 2021/2022 ke 2022/2023, (2) sistem pembelajaran blok berbasis Teaching Factory berdampak terhadap hasil belajar siswa yang pada semester gasal tahun ajaran 2020/2021 ke 2021/2022 menunjukkan penurunan sebesar 3,6 dan pada tahun ajaran 2021/2022 ke 2022/2023 menunjukkan peningkatan sebesar 4,35. Pada semester genap tahun 2020/2021 ke 2021/2022 menunjukkan penurunan sebesar 1,21 dan pada tahun ajaran 2021/2022 ke 2022/2023 menunjukkan peningkatan sebesar 1,36.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-27