PENGARUH LITERASI INFORMASI TEKNOLOGI TERHADAP KOMPETENSI GLOBAL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Keywords:
Literasi, IT, kompetensi global, pendidikan elektronikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh literasi IT terhadap kompetensi global mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektronika UNY dan (2) untuk mengetahui sumbangan literasi IT terhadap kompetensi global mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektronika UNY.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan teknik elektronika UNY tahun kedua sejumlah 40 mahasiswa. Lokasi penelitian yaitu prodi Pendidikan Teknik Elektronika UNY dengan waktu penelitian pada bulan April-Mei 2024. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas menggunakan korelasi Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linearitas.
Hasil penelitian yang diperoleh dari uji koefisiensi determinasi normal sebagai hasil data berikut didapatkan Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,152 > 0.005, Maka nilai residual berdistribusi normal pada pengaruh literasi IT terhadap kompetensi global mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Elektronika UNY. Sedang uji linieritas jadi nilai X2 tabel dengan taraf signifikansi 0,05; 8 adalah 49,8018 Karena nilai X2 hitung (0,000) < nilai X2 tabel (49,8018) maka dapat disimpulkan bahwa model regresi tersebut linier.