KESIAPAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FT UNY DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIK KEPENDIDIKAN (PK) SECARA DARING

Authors

  • Faiq Amhar Pamungkas Universitas Negeri Yogyakarta
  • Joko Sriyanto Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan mahasiswa PTO FT UNY dalam melaksanakan Praktik Kependidikan secara daring. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa PTO FT UNY angkatan 2017 yang berjumlah 77 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei berupa angket dengan 4 aspek kompetensi penilaian, yakni kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson dengan hasil 40 soal dinyatakan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa PTO FT UNY dalam melaksanakan praktik kependidikan secara daring termasuk dalam kategori “kurang siap”. Hal ini, dibuktikan dengan data penelitian secara keseluruhan dari 4 aspek kompetensi yang dinilai dari mahasiswa PTO FT UNY angkatan 2017 yang menunjukkan bahwa sebanyak 14 mahasiswa termasuk dalam kategori “sangat siap”, 21 mahasiswa dalam kategori “siap”, 31 mahasiswa dalam kategori “kurang siap” dan 11 mahasiswa dalam kategori “tidak siap”. Kemudian hasil penghitungan dari setiap kompetensi yaitu: 1) kompetensi pedagogik masuk kategori “siap”; 2) kompetensi profesional masuk kategori “siap”; 3) kompetensi sosial masuk kategori “kurang siap”; 4) kompetensi kepribadian masuk kategori “siap”.

Kata kunci: Kesiapan, Kompetensi, Praktik Kependidikan, PTO FT UNY.

Abstract

This study aims to determine the level of readiness of PTO FT UNY students in implementing Educational Practice online. This research is a type of quantitative descriptive research. The population in this study was PTO FT UNY students class of 2017 which amounted to 77 students.. The data collection technique uses a survey method in the form of a questionnaire with 4 aspects of assessment competencies, namely pedagogical, professional, personality, and social competencies. The validity test used Pearson's product moment correlation technique with the results of 40 questions declared valid. The results showed that the readiness of PTO FT UNY students in carrying out educational practices online was included in the category of "unprepared". This is evidenced by the overall research data from 4 aspects of competence assessed by PTO FT UNY students class of 2017 which showed that as many as 14 students were included in the "very prepared" category, 21 students in the "ready" category, 31 students in the "less prepared" category and 11 students in the "unprepared" category. Then the calculation results of each competency are: 1) pedagogic competence is included in the category of "ready"; 2) professional competence falls into the category of "ready"; 3) social competence falls into the category of "underprepared"; 4) personality competence falls into the category of "ready".

 

Keywords: Readiness, Competence, Educational Practice, PTO FT UNY.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Amhar Pamungkas, F., & Sriyanto, J. (2024). KESIAPAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FT UNY DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIK KEPENDIDIKAN (PK) SECARA DARING. Journal of Automotive Technology and Education , 1(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/publications/jate/article/view/683

Issue

Section

Articles