Aktualisasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah

Desvian Bandarsyah *,

Abstract


Berbagai persoalan serius dan sistemik mengenai kebangkrutan moral, hilangnya rasa tanggungjawab, dan disorientasi kebangsaan yang bersifat multidimensional, terjadi tidak hanya pada level kepemimpinan nasional, tetapi juga pada level lokal, bahkan sampai tingkat generasi mudanya. Hal itu mendorong perlunya pendidikan yang dapat menjawab berbagai perubahan sosial di tengah-tengah perkembangan masyarakat yang menglobal. Persoalan mendasar berkaitan dengan peranan pendidikan adalah bagaimana pendidikan dilakukan dengan memuat nilai-nilai humanis serta membentuk karakter dan perilaku yang sesuai dengan perkembangan dalam dunia yang terus berubah dari waktu ke waktu. Kita harus mampu menyelenggarakan pendidikan yang mengacu ke masa depan. Pendidikan yang  mempersiapkan generasi muda untuk menatap masa depan yang lebih baik, dengan pemaknaan terhadap kehidupan yang dinamis secara positif yang berkaitan dengan upaya pengembangan kualitas dan kemandirian manusia Indonesia.  Sehingga dimungkinkan secara proaktif dapat menjawab tantangan masyarakat dan bangsa, dalam dunia yang kompleks. Dunia keilmuan dan corak pendekatan pendidikan kita dalam tataran teoretis dan praktis harus mampu melepaskan diri dari pengaruh kelimuan warisan Cartesian yang mekanistik positivistik. Desain ilmu-ilmu sosial dalam pendidikan, terutama pendidikan sejarah harus dapat menawarkan kemandirian, melalui pengembangan karakter, kesadaran dan nalar kritis dengan memfungsikan kesadaran etis dan estetika. Ilmu-ilmu sosial dan sejarah merupakan solusi dalam mengatasi krisis kemanusiaan dewasa ini. Terutama pembelajaran sejarah dengan implementasi yang tepat.
Kata Kunci: ilmu sosial, pendidikan karakter, pembelajaran sejarah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v11i2.5305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo

 

View My Stats