HAMBATAN PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN JARAK JAUH MAHASISWA S-1 PGSD FIP UNY

 Mulyo Prabowo

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung bagi para mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Program S1 PGSD PJJ FIP UNY.
Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa S1 PGSD FIP UNY angkatan pertama yang berjumlah 100 orang. Namun demikian, angket yang kembali dan terisi dengan baik, sehingga dapat dianalisi berjumlah 62 (enam puluh dua). Penelitian ini menggunakan angket sebagai cara untuk untuk mengumpulkan data. Analisis data dilakukan dengan metode statistic deskriptif, meliputi distribusi frekuensi, persentasi, rerata dan modus.
Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan: Secara umum perkuliahan mahasiswa S1 PGSD FIP UNY mengalami hambatan yang tidak berarti. Adapun faktor yang kadang-kadang menjadi penghambat adalah pemanfaatan teleconference, kerusakan sarana belajar jarak jauh, kegiatan belajar mahasiswa, kebijakan penyelenggara, dan pelaksanaan praktek belajar mahasiswa (praktek individu, kelompok, dan penyusunan laporan. Sedangkan faktor pendukung perkuliahan tersebut adalah keaktifan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan perkuliahan, pelayanan administrasi yang memadau, kegiatan tutorial on line, dan pemanfaatan sarana komunikasi via telpon.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.