PEMASARAN OLAHRAGA MELALUI BERBAGAI EVENT OLAHRAGA
DOI:
https://doi.org/10.21831/medikora.v0i2.4692Abstract
Pada era globalisasi ini muncul terminologi sportainment yang memberikan peneguhan bahwa olahraga bukan lagi sekadar sebuah tontonan melainkan sebuah industri hiburan dan bisnis pertunjukkan yang mampu menghadirkan ribuan penonton dan jutaan pemirsa. Kini, ada tiga event olahraga yang menjadi ikon global, yaitu pertandingan sepak bola Piala Dunia, lomba balap mobil Formula 1, dan pertandingan olahraga multievent Olimpiade.
Olahraga jika dikelola secara profesional dapat mendatangkan keuntungan ekonomi di samping keuntungan nonekonomi. Olimpiade Los Angeles 1984 merupakan Olimpiade Modern pertama yang menerapkan pendekatan logika ekonomi melalui sport business dengan melibatkan banyak sponsor. Keuntungan yang berhasil dikumpulkan dari kegiatan multievent empat tahunan itu sebesar US $223 juta.
Keberhasilan suatu negara menyelenggarakan event olahraga ini tidak terlepas dari peran pemasaran. Untuk memasarkan sebuah event olahraga diperlukan strategi khusus yang dikenal dengan bauran pemasaran, yaitu kiat kelompok pemasaran yang digunakan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran. Media massa punya peran penting dalam menumbuhkan brand image tentang sebuah produk tertentu kepada konsumen melalui tayangan event olahraga.
Kata Kunci: pemasaran olahraga, event olahraga
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Medikora allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.