IDENTIFIKASI PEMAHAMAN GURU PENJAS DALAMPENGETAHUAN, PENYEBAB, KLASIFIKASIDAN JENIS CEDERA OLAHRAGA

Authors

  • Agri Fera Endah Setiani , Bambang Priyonoadi

DOI:

https://doi.org/10.21831/medikora.v14i1.4569

Abstract

Cedera saat berolahraga dapat terjadi pada siapa saja bahkan dapat terjadi padasiswa saat mengikuti pelajaran olahraga. Guru pendidikan jasmani dan kesehatan perlumengetahui penyebab, klasifikasi dan jenis cedera olahraga agar mampu melakukantindakan yang benar saat mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipemahaman guru pendidikan jasmani dan kesehatan SD, SMP, SMA negeri dalampengetahuan penyebab, klasifikasi dan jenis cedera olahraga se-kecamatan bantul.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh guru pendidikan jasmani dan kesehatan se-Kecamatan Bantul.Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampelsebanyak 20 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakananalisis deskriptif persentase.Hasil penelitian diperoleh kesimpulan identifikasi pemahaman guru pendidikanjasmani dan kesehatan SD, SMP, SMA negeri dalam pengetahuan penyebab, klasifikasidan jenis cedera olahraga se-kecamatan Bantul dalam kategori baik (65 %). Identifikasipemahaman terhadap penyebab cedera olahraga dalam kategori baik (50 %),pemahaman terhadap klasifikasi cedera olahraga dalam kategori baik (65 %) danpemahaman terhadap jenis cedera olahraga dalam kategori baik (60 %).Kata kunci: Pemahaman, penyebab, klasifikasi, jenis, cedera olahraga, guru penjas

Author Biography

Agri Fera Endah Setiani , Bambang Priyonoadi

FIK UNY

Downloads

How to Cite

Bambang Priyonoadi, A. F. E. S. ,. (2015). IDENTIFIKASI PEMAHAMAN GURU PENJAS DALAMPENGETAHUAN, PENYEBAB, KLASIFIKASIDAN JENIS CEDERA OLAHRAGA. MEDIKORA, 14(1). https://doi.org/10.21831/medikora.v14i1.4569

Issue

Section

Articles