Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran penjas adaptif pada anak berkebutuhan khusus

Gatot Jariono, Haris Nugroho, Amirzan Amirzan, Indah Lestari, Nurhidayat Nurhidayat, Tunjung Marganingrum

Abstract


Pendidikan di sekolah memberi kesempatan anak berkebutuhan khusus mengembangkan potensi secara optimal. Kemampuan guru memiliki peran penting untuk tercapainya tujuan pembelajaran, khususnya pada anak berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru PJOK SDLB dalam melaksanakan model pembelajaran penjas adaptif kepada siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini dilaksanakan di Pante Raya Kabupaten Bener Meriah. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah para pimpinan sekolah, tenaga administrasi, guru tetap dan tenaga honorer serta para siswa siswi SDLB Pante Raya sebanyak 26 orang, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Data yang terkumpul diolah menggunakan analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian disimpulkan bahwa guru PJOK di SDLB Pante Raya mampu melaksakan pembelajaran penjas adaptif secara kreatif dan menyenangkan untuk meningkatkan kesegaran jasmani siswa SDLB Pante Raya dan berperan aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran PJOK yang dilaksanakan di sekolah. Dengan demikian terjawab bahwa secara umum guru PJOK memamahi bahwa penjas adaptif telah dilaksanakan.

Teacher's ability in applying adaptive physical education to children with special needs

Abstract

Education in schools provides opportunities for children with special needs to develop their potential optimally. The ability of teachers has an important role to achieve learning objectives, especially for children with special needs. The purpose of this study was to determine the ability of PJOK SDLB teachers in implementing the adaptive physical education learning model for students with special needs. This research was conducted in Pante Raya, Bener Meriah Regency. The population and sample in this study were school leaders, administrative staff, permanent teachers and honorary staff, and 26 students of SDLB Pante Raya, the sampling technique in this study used a total sample. Data collection techniques using observation, interviews, and questionnaires. Data analysis used is data reduction, data verification, and drawing conclusion. The collected data were processed using descriptive analysis of percentages. The results of the study concluded that PJOK teachers at SDLB Pante Raya were able to carry out adaptive physical education learning in a creative and fun way to improve the physical fitness of SDLB Pante Raya students and play an active role in every PJOK learning activity carried out in schools. Thus, it is answered that in general, PJOK teachers understand that adaptive physical education has been implemented


Keywords


kemampuan guru; penjas adaptif; anak berkebutuhan khusus; teacher's ability; adaptive physical education; children with special needs

Full Text:

PDF

References


Al-Hadabi, B., Al-Zoubi, S., Bakkar, B., Al-Yahyai, F., Al-Gaseem, M., & Al-Qaryouti, I. (2021). Effects of an adapted physical education course on attitudes toward sport of omani individuals with disabilities. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(2), 255–264. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090214

Azhari, H. (2013). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Olahraga. Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional, 53(9), 1689–1699.

Basyarudin Acha, & Nova, A. (2018). Survei Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Anak Tuna Grahita Di Slb Kota Langsa. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra (JORS) : Jurnal Ilmu Olahraga, 1(1), 16–26.

Choirullita, A. M., Setiawan, W., & Irawan, L. (2020). Keterlaksanaan Pembelajaran Penjas Pada Siswa SDLB di Probolinggo Tahun 2020. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 1(2), 97–101.

Datul Ishmi. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di Masa Pandemi Covid-19. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 6(1), 12–23. https://doi.org/10.51590/waraqat.v6i1.128

Desiningrum, D. R. (2016). Psiokologi Anak Berkebutuhan Khusus. Psikosain.

Duta, D. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Penjas di SLB Kota Bandar Lampung pada Masa Pandemi Covid 19 Tahun 2020. JOSEPHA Journal of Sport Science and Physical Education, 2(1), 37–52.

Fefrian, Y., Mardhika, R., RH, S., & Sumardi, S. (2020). Penjas Adaptif Bagi Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Siswa Budhi Surabaya. SPEED Journal : Journal of Special Education, 3(2), 101–106. https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.288

Friskawati. (2015). Implementasi pembelajaran penjas berbasis masalah gerak pada siswa tunarungu. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1), 79–96.

Habibie, M., Trifitrianto, A., Islam, U., Muhammad, K., Al, A., Banjamasin, B., Islam, U., Muhammad, K., Al, A., & Banjamasin, B. (2020). PENGGUNAAN BUKU AJAR PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF PADA SEKOLAH LUAR BIASA KOTA BANJARMASIN Dipublikasikan Oleh : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Un. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin, 26–30.

Haris, F., & , Johandri Taufan, S. N. (2019). Peran Guru Olahraga bagi Perkembangan Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1469 ISSN

Hastata, L. T., Sugiyanto, & Hidayatullah, M. F. (2019). Pendidikan Jasmani Adaptif Anak Berkebutuhan Khusus Di Kabupaten Boyolali. Proceedings of the National Seminar on Women’s Gait in Sports towards a Healthy Lifestyle 27 April 2019 Universitas Tunas Pembangunan Surakarta - Indonesia, April, 1–23.

Iswari, M. (PLB F. U. N. P. (2007). Pendidikan Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Repository.Unp.Ac.Id.

Jariono, Gatot, Nurhidayat, N., Sudarmanto, E., Kurniawan, A. T., & Triadi, C. (2021). Pendampingan dan Pelatihan Peran Guru Dalam Mengurangi Perilaku Hiperaktif Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Sukoharjo. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 37–43. https://doi.org/https://doi.org/10.35877/panrannuangku478

Jariono, G., Sudarmanto, E., & Kurniawan, A. T. (2021). TEACHER STRATEGY IN REDUCING HYPERACTIVE BEHAVIOR OF CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS DURING PANDEMIC COVID-19 AT SLBN SUKOHARJO. International Journal of Economy, Education and Entrepreneuship, 1(1), 79–86. https://doi.org/https://doi.org/10.53067/ije3.v1i1

Jariono, G., Sudarmanto, E., Kurniawan, A. T., Triadi, C., & Anisa, M. N. (2021). PENDAMPINGAN PELATIHAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI LATIHAN HIGH INTENSITY INTERVAL TRAINING. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 1(2), 81–90. https://doi.org/https://doi.org/10.53067/ijecsed

Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018a). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632

Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018b). KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Jurnal Abadimas Adi Buana. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632

Khairunisa Rani, Rafikayati, A., & Jauhari, M. N. (2018). KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM PENANGANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Jurnal Abadimas Adi Buana. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1636

Klavina, A., & Kudlacek, M. (2011). Physical Education for Students With Special Education Needs in Europe: Findings of the Eusapa Project. European Journal of Adapted Physical Activity, 4(2), 46–62. https://doi.org/10.5507/euj.2011.008

Lieberman, L. J., & Houston-Wilson, C. (2011). Strategies for Increasing the Value and Acceptance of Adapted Physical Education in Schools. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 82(6), 25–28.

Nur Alim, Arif Rohman Hakim, & Karlina Dwijayanti. (2021). Survei Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Di Sdlb C Kabupaten Sragen Tahun 2019/2020. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 7(1), 1–11. https://doi.org/10.36728/jip.v7i1.1361

Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116.

Pelana, R., Oktafiranda, N. D., & Antoni, R. (2020). Pemahaman Pelaksanaan Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa Ditujukan Untuk Team Pengajar. Jurnal Perduli, 01(01), 32–37.

Pratiwi, F., Kalalo, C. N., & Syamsudin. (2020). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di SD Luar Biasa Negeri Anim-Ha Merauke. Musamus Journal of Physical Education and Sport, 03(01), 31–34. https://doi.org/10.35724/mjpes.v

Rahim, A., & Taryatman. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Di Sekolah Dasar Inklusif Kota Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 364–368.

Ratrie Desningrum, D. (2007). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Depdiknas, 1–149.

Rosdiana, D. (2013). Model Pembelajaran Langsung dalam Penjaskes.

Sambira, & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus.

Sukriadi, S., & Arif, M. (2020). Survei Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Di Slb C Provinsi Dki Jakarta Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jsce.04101

Taufan, J., Fitri, R., & Rafmateti, R. (2019). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Siswa Tunarungu di SLB Negeri 2 Padang Melalui Penugasan Dosen di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 31. https://doi.org/10.24036/jpkk.v3i2.546

Thompson, J. (2017). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. In Jurnal Administrasi Pendidikan Realita Volume 15, No. 2 Tahun 2017.

Vai, A., & Lorenza, J. (2019). Implementasi Pembelajaran Penjas Adaptif Pada Anak-Anak Kebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusif. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 8(1), 9–14. https://doi.org/10.36706/altius.v8i1.8243

Vani, G. C., Raharjo, S. T., Hidayat, E. N., & Humaedi, S. (2014). PENGASUHAN (GOOD PARENTING) BAGI ANAK DENGAN DISABILITAS. Share : Social Work Journal. https://doi.org/10.24198/share.v4i2.13067

Widiyanto, W. E., Galuh, E., & Putra, P. (2021). Pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. Sport Science & Education Journal, 2(2), 28–35.

Yunisya, P., & Sopandi, A. A. (2020). Penyelenggaraan Pembelajaran Penjas Adaptif bagi Tunanetra di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 ( SMK N 7 Padang ). Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 30–35.




DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v21i1.44015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 MEDIKORA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats