PENGARUH LATIHAN CIRCUIT BODY WEGHT TERHADAP VO2 MAX DAN FLEKSIBILITAS SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRA KURIKULER BOLA VOLI

Texki Wahyuntoro, Cerika Rismayanthi

Abstract


Daya tahan paru jantung dan fleksibilitas merupakan komponen yang sangat penting yang harus dimiliki oleh pemain bola voli. Olahraga merupakan salah satu bentuk aktivitas yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Banyak pemain bola voli di SMA N 1 Ngaglik daya tahan paru jantung dan fleksibilitas yang kurang bagus, sehingga menghambat prestasi dalam olahraga bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latihan circuit body weight terhadap 𝑉𝑂2 𝑀𝑎𝑥 dan fleksibilitas siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMA N 1 Ngaglik.
Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan one group pretest and posttest group desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang aktif mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMA N 1 Ngaglik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak sebanyak 19 orang. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan pengukuran. Analisis data penelitian menggunakan uji t untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan variabel antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen.
Hasil penelitian ini menunjukan uji t pada data Max diperoleh nilai t hitung 12,097> t tabel 2,10, dan nilai signifikansi 0,000 < 0.05, dengan peningkatan persentase sebesar 7,53% .Hasil uji t pada data fleksibilitas diperoleh nilai t hitung 7,554 > t tabel 2,10, dan nilai signifikansi 0,000 < 0.05, dengan penurunan persentase sebesar 4,44%. Penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa latihan circuit body weight dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap 𝑉𝑂2 𝑀𝑎𝑥, dan fleksibilitas siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMA N 1 Ngaglik. Jadi dapat dikatakan latihan circuit body weight dapat dijadikan pedoman untuk latihan peningkatan 𝑉𝑂2 𝑀𝑎𝑥 dan fleksibilitas yang efektif dan efisien.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v15i2.23142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MEDIKORA



Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats