PENGARUH LATIHAN SENAM AEROBIK LOW IMPACK TERHADAP INDEKS MASSA TUBUH DAN KADAR HDL PADA REMAJA PUTRI DENGAN BERAT BADAN BERLEBIH (OVERWEIGHT)

Moch Yunus

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh latihan senam aerobik low impact terhadap penurunan indeks massa tubuh (IMT) dan kenaikan HDL dalam darah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dengan desain randomized control group, pretest-postest design. Populasi adalah mahasiswi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang yang mengalami obesitas. Sampel berjumlah 16 orang, yang diambil secara Purposive random sampling. Subjek penelitian mendapatkan perlakuan latihan senam aerobik low impact 3 kali dalam seminggu, selama 8 minggu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan senam aerobik low impact dapat menurunkan IMT dan menaikan HDL dalam darah secara bermakna, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler. Disarankan untuk mengendalikan IMT dan HDL dalam darah pada individu yang mengalami overweight dengan melakukan latihan senam aerobik low impact.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v15i2.23141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MEDIKORA



Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats