Persepsi siswa terhadap pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada masa pandemi Covid-19

Komarudin Komarudin, Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahargaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Mardianto Prabowo, Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahargaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa positif Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Daring dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA N 1 Bintan Timur pada Pandemi Covid-19 Tahun 2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 308 dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling sehingga penentuan jumlah sampel 15% ini berjumlah 47 siswa. Validitas sebesar 0,585 dan reliabilitas sebesar 0,816 maka instrumen dalam penelitian ini dinyatakan reliabel. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan disimpulkan bahwa Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Daring dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA N 1 Bintan Timur pada Pandemi covid-19 Tahun 2020 masuk dalam kategori sangat positif persentase 6,38%, kategori positif persentase 21,27%, kategori sedang persentase 42,56%, kategori negatif persentase 23,40%, dan kategori sangat negatif persentase 6,38%. Sehingga dapat dikatakan persepsi siswa SMA N 1 BINTAN Timur kategori sedang.

 

Student's perception of online learning in sports and health education study in the Covid-19 pandemic

 

Abstracts

The research aims to find out how positive it is The Perception of Students on Online Learning in The Subject of Sports and Health Education at SMA N 1 Bintan Timur on Covid-19 Pandemic 2020. The type of research is a quantitative descriptive study with a survey method. A questionnaire instrument is used as a data collection technique and descriptive statistic with a percentage formula is used as a data analysis technique in this study. The number of population in this study is 308 using Proportional Random Sampling technique so that the determination of the number of 15% sample is 47 students. The instrument in this research considered as reliable one since the validity is 0.585 and the reliability is 0.816. According to the result of the whole research, we can conclude that The Perception of Students on Online Learning in the Subject of Sports and Health Education at SMA N 1 Bintan Timur on Covid-19 Pandemic 2020 have few categories which vary from the very positive category with 6.38%, the positive category with 21.27%, the average category 42.56%, the negative category 23.40%, and the very negative category 6.38%. Hence, the conclusion of the perception of at SMA N 1 Bintan Timur is in the average category.

Keywords


Persepsi; Pembelajaran Daring; PJOK; Siswa; online learning; sports and health education

Full Text:

PDF

References


Akhiruyanto, A. (2008). Model pembelajaran pendidikan jasmani dengan pendekatan permainan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 5, Nomor 2.

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Desmita. (2009). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, W, A, F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2 Nomor 1, hlm 55-61.

Ghozali (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBS SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, S. (1991). Ananlisis Butir Untuk Instrumen Angket Tes dan Skala Nilai dengan BASICA. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik, O. (2010). Media pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.

Hendrayana, Y, Mulyana, A & Budiana, D. (2018). Perbedaan persepsi guru pendidikan jasmani terhadap orientasi tujuan instruksional pada pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Journal of Physical Education and Sport, Volume 1 Nomor 1.

Irwanto. (2002). Psikologi Umum. Jakarta: Prenhallindo.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK.A/HK/2020.

Muktiani, N, R. (2014). Identifikasi kesulitan belajar dasar gerak pencak silat pada mahasiswa PJKR bersubsidi di FIK UNY. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 10, Nomor 1.

Mulyaningsih, F. (2008). Efektivitas pembelajaran senam pada Prodi PJKR FIK UNY. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 5, Nomor 2.

Mulyaningsih, F. (2009). Inovasi model pembelajaran pendidikan jasmani untuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 6, Nomor 1.

Nuryana, A, N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. https://kabar-priangan.com. Diakses 5 Juli 2020 jam 20.15.

Paturusi, A. (2012). Manajemen pendidikan jasmani dan olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.

Priyadi, I. (2015). Persepsi Siswa Kelas VIII SMP N 5 Sleman terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan Kurikulum 2013 Tahun 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Rahmat, J. (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Rahmat, J. (2013). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosdiani, D. (2013). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Rahyubi, H. (2014). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik deskripsi dan tinjauan kritis. Bandung: Nusa Media.

Suryobroto, A, S. (2004). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Universitas Negeri Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sartinah. (2008). Peran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam perkembangan gerak dan keterampilan sosial siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 5, Nomor 2.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan ke5. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprihartiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Supriatna, E & Wahyupurnomo, M, A. (2015). Keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMAN se-Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 11, Nomor 1.

Syah, R, H. (2020) Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial Dan Budaya-17 (5).

Thoha, M. (2003). Prilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Taovan, R. (2018). Persepsi Siswa Kelas VIII terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP N 2 Tempel Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Utama, AM, B. (2011). Pembentukan karakter anak melalui aktivitas jasmani bermain dalam pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Vol 2, hlm 3.

Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Yusuf, S. (2012). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21831/majora.v26i2.34589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Creative Commons License
MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats