PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK APRESIATIF DAN KREATIF TAYANGAN FILM MELALUI TEKNIK PENCATATAN 5R (RECORD, REDUCE, RECITE, REFLECT, AND REVIEW)
DOI:
https://doi.org/10.21831/ltr.v14i2.7208Abstract
AbstrakPenelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak
apresiatif dan kreatif tayangan film melalui teknik pencatatan 5R. Subjek penelitian
adalah mahasiswa peserta mata kuliah Menyimak Apresiatif dan Kreatif di Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNY Angkatan 2006/2007. Pengumpulan
data dengan teknik observasi partisipan, wawancara, dan catatan lapangan. Analisis data
dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan teknik pencatatan 5R terbukti dapat meningkatkan keterampilan menyimak
apresiatif dan kreatif tayangan film, baik dalam hal proses maupun hasil. Indikator
keberhasilan proses tampak pada keaktifan dan ketekunan mahasiswa dalam kegiatan
pembelajaran menyimak apresiatif dan kreatif tayangan film dengan teknik pencatatan
5R. Indikator keberhasilan hasil adalah meningkatnya keterampilan pemahaman,
penghargaan, dan penikmatan tayangan film yang tercermin pada peningkatan kualitas
hasil laporan, pencapaian skor evaluasi, dan apresiasi.
Kata kunci: keterampilan menyimak film, menyimak apresiatif dan kreatif, apresiasi
Downloads
How to Cite
Nurhidayah, N. (2015). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK APRESIATIF DAN KREATIF TAYANGAN FILM MELALUI TEKNIK PENCATATAN 5R (RECORD, REDUCE, RECITE, REFLECT, AND REVIEW). LITERA, 14(2). https://doi.org/10.21831/ltr.v14i2.7208
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.