Gambaran Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Layanan Bimbingan dan Konseling di MAN 2 Yogyakarta
Keywords:
Kurikulum Merdeka, Bimbingan dan Konseling, MANAbstract
Pendidikan di Indonesia selalu mengalami perkembangan, di Indonesia sendiri Pendidikan adalah sebuah proses pembelajaran untuk meningkatkan pengatahuan dan keterampilan. Untuk mewujudkan tujuan Pendidikan tersebut maka diperlukan suatu kurikulum untuk mengatur pelaksanaan pendidikan dalam lembaga pendidikan, salah satunya ialah kurikulum merdeka belajar yang saat ini sedang diterapkan dibeberapa lembaga pendidikan termasuk di MAN 2 Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran implementasi kurikulum merdeka belajar khususnya pada layanan bimbingan dan konseling di MAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan penelitian di MAN 2 Yogyakarta dengan instrument wawancara dan studi dokumentasi serta subjek pada penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling dan waka kurikulum. Penelitian diharapkan dapat bermanfaat bagi akademisi jurusan bimbingan dan konseling sebagai referensi dalam proses pembelajaran. Namun dalam penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu hanya dapat melihat tentang layanan bimbingan dan konseling pada kurikulum merdeka belajar di MAN 2 Yogyakarta. Hasil analisis penelitian yaitu kurikulum merdeka belajar peran guru bimbingan sebagai pengembang karir dan memberikan keleluasan dalam proses layanan, pelaksanaan layanan sesuai dengan tahapan yang ada dalam kurikulum merdeka belajar yaitu tahap perencanaan, pelaksanan dan evaluasi.References
Aditomo, A. (2021). Model Inspiratif Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas (SMA). Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Evi Hasim. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo "Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar," 68–74.
Fajriatul Hidayah, Ramadhana, M. R., Mutiara, T., & Purnamasari, N. (2022). Panduan Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. In Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek.
Fauziah, F., Firman, F., & Ahmad, R. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Keguruan, 126–132.
Febrini, D. (2020). Bimbingan dan Konseling Penulis. CV Brimedia Global.
Kusumawati, E., & Astuti, A. D. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Bagi Konselor. Jurnal Nusantara Of Research, 9(2), 116–124.
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Jurnal Kependidikan Islam, 1, 99–112.
Nursalim, M. (2020). Peran Guru BK/ Konselor dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2020 PD ABKIN JATIM & UNIPA SBY, 11–18.
Prasetyoaji, A., Wafaunnazmi, R., & Kartika Maharani, S. (2023). Evaluasi Media Berbasis Website untuk Membantu Mengidentifikasi Karir Siswa di MAN 2 Bantul, D.I. Yogyakarta. Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 9, 38–48.
Prasetyoaji, A., Warih Utami, N., Rossydah, S., & Astuti, B. (2022). Evaluasi Pengembangan Media Aplikasi Identifikasi Multiple Intellegence by Howard Gardner dalam Penentuan Putusan Karir. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 12(2), 94–105. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/counsellia.v12i2.11346
Rahayu, A. D., & Prasetyoaji, A. (2020). Problematic Internet Use (PIU) Identification Using The Biopsychosocial Model Approach In Emerging Adulthood. International Journal of Business, Humanities, Education and Social Sciences (IJBHES), 2(1), 19–23. https://doi.org/10.46923/ijbhes.v2i1.58
Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. JURNAL Ansiru PAI, 92–106.
Ratnasari, & Neviyarni. (2021). Peran Guru BK ( Bimbingan dan Konseling ) Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 4051–4056.
Samsuddha, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. In วารสารวิชาà¸à¸²à¸£à¸¡à¸«à¸²à¸§à¸´à¸—ยาลัยà¸à¸µà¸ªà¹€à¸—ิร์นเà¸à¹€à¸Šà¸µà¸¢ (Vol. 4, Issue 1). UNIVERSITAS JAMBI.
Suhandi, A. M., & Robi'ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172
Suhertina. (2017). Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 110, Issue 9).
Wibawa, A. (2022). Meningkatkan Pemahaman Guru Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Direct Interactive Workshop. Jurnal Cakrawala Ilmiah, Vol 2 No 2(8.5.2017), 489–496.
Windarti, S. (2019). Implementasi Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 24 Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.