Perancangan Webtoon Tentang Motivasi Sebagai Media Bantu dalam Bimbingan Kelompok Teknik Pemberian Informasi
Keywords:
Webtoon, Bimbingan Kelompok, Teknik Pemberian InformasiAbstract
Dalam dunia pendidikan muncul berbagai permasalahan yang dialami oleh siswa salah satunya adalah kurangnya motivasi belajar yang akan berdampak seperti pencapaian hasil belajar siswa yang rendah. Siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah dapat diketahui melalui hasil nilai belajar. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompokmengakibatkan proses layanan menjadi kurang menarik dan siswa cenderung mudah bosan, sehingga dalam hal ini pemberian layanan akan dikemas dengan media berbantuan webtoon. Penelitian ini memfokuskan pada perancangan webtoon tentang motivasi sebagai media bantu dalam bimbingan kelompok teknik pemberian informasi. Dengan rancangan ini peneliti dapat membuat media bantu dalam layanan Bimbingan dan Konseling khususnya bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development. Webtoon motivasi ini mendapat respon baik dari segi uji ahli materi dan uji ahli media, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji coba produk oleh ahli materi didapatkan hasil 73% yang berarti layak dan hasil uji coba produk oleh ahli media didapatkan hasil 80% yang berarti sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa perancangan webtoon tentang motivasi sebagai media bantu dalam bimbingan kelompok teknik pemberian informasi sangat layak digunakan dan diuji coba kepada siswa setelah melewati beberapa tahapan.
References
Adam Permana, M., & Muallimah, H. (2021). Perancangan Komik Strip Online Sebagai Media Interaktif Pembelajaran Remaja Di Kota Bandung. Kreatif : Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental Dan Inovatif, 3(02), 27–31. https://doi.org/10.53580/files.v3i02.33
Alfiani, F., Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2018). Pengembangan Webtoon Untuk Pembelajaran Ips (Ekonomi) Di Smp. Jurnal Ecogen, 1(2), 439. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i2.4766
Darmawan, Y. A., & Dwikurnaningsih, Y. (2021). Pengembangan Model Manajemen Layanan Informasi Karir Berbasis ICT Bagi Peserta Didik SMA. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 9(3), 241. https://doi.org/10.29210/143000
Dira, I. W., Suhandana, A., & Dantes, N. (2013). Kontribusi Bakat Seni, Motivasi Berprestasi, Dan Ekspektasi Karir Terhadap Hasil Belajar Praktek Karawitan Pada Siswa Kelas Xi K Di Smk Negeri 3 Sukawati Gianyar Tahun Pelajaran 2012/2013. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan, 4(4), 10.
EOCD. (2016). PISA 2015 Results Excellence and Equity in Education: Vol. I. OECD Publishing. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-8649-5.ch026
Fijriani, F., & Amaliawati, R. (2017). Layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 24. https://doi.org/10.26539/116
Irawan, E. (2013). Efektivitas Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Psikopedagogia, II(1), 44–54.
Kementerian PPPA. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak Deputi Tumbuh Kembang Anak. Kementerian Peberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, 42.
Kristiani, R., Faudia, N. N., Kulsum, S., Prayoga, B., & Susanti, A. (2020). Perencanan Program Bimbingan dan Konseling (Modul Pembelajaran 2). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kementerian Agama. https://cendikia.kemenag.go.id/storage/uploads/file_path/file_03-12-2022_638adae19f989.pdf
Nadiarenita, A., Muslihati, M., & Hotifah, Y. (2017). Pengembangan Paket Bimbingan Perencanaan Studi Lanjut dengan Model Creative Problem Solving Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 18–25. https://doi.org/10.17977/um001v2i12017p018
Prasetyoaji, A., & Widyatmoko, W. F. (2021). Pengembangan Identifikasi Multiple Intelligence ( Howard Gardner) Berbasis Aplikasi Android dalam Penentuan Putusan Karir Mahasiswa Di Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(3), 116. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.5895
Pratiwi, N. S. E., Nisa, D. A., & Yani, A. R. (2021). Perancangan Komik Online tentang Cara Menggunakan Media Sosial dengan Bijak pada Remaja Usia 15-17 Tahun. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 20(2), 42. https://doi.org/10.12962/iptek_desain.v20i2.11591
Prayitno, Afdal, Ifdil, & Ardi, Z. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling Kelompok. In Y. Sartika (Ed.), Perpustakaan Nasional : Katalog Dalam Terbitan (KDT). Ghalia Indonesia. https://batukota.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=OTc4MDZhYzZhYzAyY2U4ZTBlNTNlYmJm&xzmn=aHR0cHM6Ly9iYXR1a290YS5icHMuZ28uaWQvcHVibGljYXRpb24vMjAxNS8xMC8zMC85NzgwNmFjNmFjMDJjZThlMGU1M2ViYmYvc3RhdGlzdGlrYS1kYWVyYWgta290YS1iYXR1LTIwMTUuaHRtbA%253D
Priyanti, D. A. K. D. (2022). Peran Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Bahasa yang Inovatif. Sandibasa: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(April), 464–475. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/view/2035%0Ahttps://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/download/2035/1484
Putri, D. (2018). Pengaruh Media Sosial Line Webtoon Terhadap Minat Membaca Komik Pada Mahasiswa Universitas Riau. Jom Fisip, 5(1), 2.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 189–212.
Saputro, B., & Suwarjo, S. (2020). Career Adventure Application Development To Increase Career Maturity in Adolescents. KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 11(2), 229. https://doi.org/10.21043/kr.v11i2.6916
Setiawan, G., Elmansyah, T., & Hidayati, N. W. (2021). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dimasa Pandemi Covid-19 Sekolah Meengah Atas Negeri 10 Pontianak. Bikons: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 22–32. https://jurnal.fipps.ikippgriptk.ac.id/index.php/BK/article/view/73
Taufik, S., & Kurniawati, T. (2020). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga, Prestasi Belajar, dan Kesempatan Kerja Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Program Magister Fakultas Ekonomi UNP. Jurnal Ecogen, 3(1), 49. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i1.8486
Ummah, L. R., & Istianah, F. (2021). Pengembangan Media Komik Webtoon Sebagai Alternaltif Media Pembelajaran Daring Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV SDN Mancar 03 Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang Laili Roifatul Ummah Abstrak. Jpgsd, 9(6), 2526–2539.
Zaky, U., Prasetyoaji, A., & Fathullah, I. (2020). Klasifikasi Menggunakan Metode Naí¯ve Bayes: Tingkat Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Kematangan Kecerdasan Emosi Mahasiswa. JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 6(2), 101–110. https://doi.org/10.19109/jusifo.v6i2.6605