Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Tentang Perundungan di Sekolah
Keywords:
perundungan, perundungan di sekolah, cyberbullying, analisis bibliometrikAbstract
Perundungan, yang didefinisikan sebagai perilaku agresif berulang yang menargetkan individu yang dianggap lebih lemah, meliputi kekerasan fisik, verbal, dan psikologis. Di Indonesia, perundungan di sekolah telah menarik perhatian serius, seperti yang terbukti dari peningkatan laporan kepada Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Data terbaru menunjukkan peningkatan kasus yang dilaporkan selama tiga tahun terakhir, menyoroti berbagai bentuk seperti kekerasan fisik, pelecehan verbal, dan cyberbullying. Kejadian-kejadian ini berdampak buruk terhadap kesejahteraan psikologis dan akademis anak-anak, yang mengharuskan strategi pencegahan dan intervensi yang efektif. Studi ini menggunakan analisis bibliometrik untuk mengeksplorasi tren publikasi temporal, jurnal-jurnal utama, kata kunci yang sering muncul, dan kolaborasi peneliti dalam penelitian tentang perundungan, dengan tujuan memberikan gambaran komprehensif dan mengidentifikasi arah penelitian masa depan.
References
Azzahra, A., & Haq, A. L. A. (2019). Intensi Pelaku Perundungan (Bullying): Studi Fenomenologi Pada Pelaku Perundungan di Sekolah. Psycho Idea, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v17i1.3849
Bastomi, H., & Mustaqimatul Hidayah, S. N. (2019). Fenomena Perundungan Di Sosial Media: Telaah Dampak Perundungan Bagi Remaja. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 6(1), 235. https://doi.org/10.21043/at-tabsyir.v6i2.6437
Divecha, D. (2021). APA CARA-CARA TERBAIK MENCEGAH PERUNDUNGAN DI SEKOLAH. Jurnal Lazuardi, 4(2), 94–98. https://doi.org/10.53441/jl.Vol4.Iss2.63
Hidayati, N. L., & Widyana, R. (2021). PELATIHAN REGULASI EMOSI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU PERUNDUNGAN PADA REMAJA PELAKU PERUNDUNGAN. Jurnal Psikologi, 14(1), 25–37. https://doi.org/10.35760/psi.2021.v14i1.3352
Indriyati, Prasetya, O., Mafrudoh, L., Adenan, & Suhendra, A. (2024). Stop bullying sebagai upaya pencegahan perilaku perundungan di lingkungan sekolah. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 119–125. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21509
Kurdi, M. S., & Kurdi, M. S. (2021). Analisis Bibliometrik dalam Penelitian Bidang Pendidikan: Teori dan Implementasi. Journal on Education, 3(4), 518–537. https://doi.org/10.31004/joe.v3i4.2858
Maritim, E. (2023). PENCEGAHAN DAN UPAYA MENGATASI TINDAK PERUNDUNGAN DI SEKOLAH DASAR. Khazanah Pendidikan, 17(1), 205. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16094
Mufrihah, A. (2016). Perundungan Reaktif di Sekolah Dasar dan Intervensi Berbasis Nuansa Sekolah. Jurnal Psikologi, 43(2), 135. https://doi.org/10.22146/jpsi.15441
Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., McDonald, S., ... Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews. PLOS Medicine, 18(3), e1003583. https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1003583
Puspitasari, P. (2023). MENGEMBANGKAN KESADARAN DIRI PADA SISWA UNTUK MENCEGAH TINDAK PERUNDUNGAN DI SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 16–22. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.901
Rahayu, F. S. (2013). CYBERBULLYING SEBAGAI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Sistem Informasi, 8(1), 22. https://doi.org/10.21609/jsi.v8i1.321
Rizal, R. S. (2021). Bentuk Dan Faktor Perundungan Pada Siswa SMP. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 129. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5673
Sari, M. P. (2023). Peran Siswa Sebagai Agen Perubahan Di Dalam Mencegah Perundungan (Studi Kasus Di SMPN 17 Semarang). JURNAL HUKUM, POLITIK DAN KEKUASAAN, 3(2), 129–146. https://doi.org/10.24167/jhpk.v3i2.6474
Shawler, P., Silvis, V. G., Taylor, E. K., Shields, J., Beasley, L., & Silovsky, J. F. (2020). Early identification of youth with problematic sexual behavior: A qualitative study. Child Abuse & Neglect, 105, 104317. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2019.104317
Sylvestre, P., Castleden, H., Denis, J., Martin, D., & Bombay, A. (2019). The tools at their fingertips: How settler colonial geographies shape medical educators' strategies for grappling with Anti-Indigenous racism. Social Science & Medicine, 237, 112363. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2019.112363