Peran orang tua terhadap pengasuhan anak pada keluarga ldm (long distance marriage)

Adharina Dian Pertiwi, Universitas Mulawarman, Indonesia
Siti Khotijah, Universitas Mulawarman, Indonesia
Rina Pujiati Pertiwi, Universitas Mulawarman, Indonesia
Wulan Ariyanti, Universitas Mulawarman, Indonesia
Seviana Andriani Mening, Universitas Mulawarman, Indonesia
Siti Nur Hazizah, Universitas Mulawarman, Indonesia

Abstract


Pola asuh merupakan bentuk perlakukan orang tua kepada seorang anak dan akan memberi pengaruh terhadap kehidupan anak di masa depan. Pemberian pola asuh bukanlah perkara mudah, terlebih jika dari pasangan tersebut sepakat menjalani hubungan long distance marriage atau pernikahan jarak jauh, menyebabkan pasangan suami istri berpisah rumah dalam beberapa waktu dan akan saling bertemu jika telah menemukan waktu yang tepat. Adapun penelitian dilakukan melalui jenis penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Fokus pembahasan menggunakan tiga sampel yaitu orang tua di kota Samarinda untuk mengetahui bagaimana peranannya dalam memberi pengasuhan kepada anak berusia nol hingga enam tahun. Dari ketiga sampel memiliki latar belakang hubungan long distance marriage serupa yaitu dilandasi faktor pekerjaan, sehingga hanya salah satu orang tua saja yang secara fisik mendampingi proses pertumbuhan dan perkembangan seorang anak dengan menerapkan dua pola asuh berbeda, seperti penerapan pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter sesuai keinginan maisng-masing orang tua.

Keywords


Role of the father, parenting, fatherless

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.

Afiyah, & Alueyana. (2021). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 106–114.

Anisaningtyas, G. (2011). Pernikahan Di Kalangan Mahasiswa S-1. 6(2), 21–33.

Creswell, J. W. (2003). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publication, Thousand Oaks. 1–210.

Dharmawijati, R. D. (2015). Komitmen Dalam Berpacaran Jarak Jauh Pada Wanita Dewasa Awal. 3(3), 331–342.

Eriyanti, I. O., Susilo, H., & Riyanto, Y. (2019). Analisis Pola Asuh Grandparenting dalam Pembentukan Karakter Anak di TK Dharma Wanita I Desa Drokilo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 3, 9–16.

Hampton, A. J., Rawlings, J., Treger, S., & Sprecher, S. (2017). Channels of Computer-Mediated Communication and Satisfaction in Long-Distance Relationships. Journal on Personal Relationships, 11(2), 171–187. https://doi.org/10.5964/ijpr.v11i2.273

Handayani, R., Purbasari, I., & Setiawan, D. (2020). Tipe-Tipe Pola Asuh Dalam Pendidikan Keluarga. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 16–23.

Indarto, W. (2015). Peranan Keluarga Dalam Mempersiapkan Kemandirian Anak Untuk Menghadapi Masalah-Masalah Dalam Kehidupan. 4(2), 115–119.

Indonesia. (1992). Undang-Undang Republik Indnesia Nomor10 Tentang Perkembangan Kependudukan Dan Pembangunan Keluarga Sejahtera.

Indonesia. (2014). Peraturan Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Indonesia, R. (1974). Undang-Undang Republikindonesia Nomor 1.

Indonesia, R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1–57.

Indonesia, R. (2021). Peraturan Mentri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 58 Tentang Sertifikasi Maritime Labour Convention. 3.

Kadir, A. (2020). Pola Asuh Orang Tua (Faktor Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Siswa). 2(2), 153–160.

Kariuki, J. W. (2014). University of Nairobi The Impact Of Long Distance Marriage On The Family: A Strudy Of Families With Spouses Abroad In Kiambuu Coutry. A Research Project Submitted In Partial Fulfillment Of Requirement For The Award Of masters Of Arts In Sociology, Counsel. March, 1–54.

Keshavarz, S., & Baharudin, R. (2016). Parenting Style in a Collectivist Culture of Malaysia. Journal of Social Seinces, 10(1), 66–73.

Lestari, F. A., Kusuma, A. N., & Pertiwi, W. E. (2018). Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja. 5(1), 10–18.

Muhdi, akmad imam. (2015). Hubungan Pola Asuh Demokratis Terhadap Kemandirian Anak Di Taman Kanak-Kanak El-Hijaa Tambak Sari Surabaya. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–17.

Mutmainah, S., & Sholihah, N. M. (2019). Pola Asuh Otoriter Yang Di Terapkan Orang Tua Kepada Anak Usia Dini Saat Pembelajaran Daring. 54–64.

Novera, E., Daharnis, Erita, Y., & Fauzan, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349–6356.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232.

Prameswara, Adiyaksa Dhika, & Sakti, H. (2016). Pernikahan jarak jauh (studi kualitatif fenomenologis pada istri yang menjalani pernikahan jarak jauh). Jurnal Empati, 5(3), 417–423.

Purwanto, B., Arisanti, I., & Atmasari, A. (2019). Hubungan Pernikahan Jarak Jauh (Long Distance Marriege) Dengan Stres Kerja Pada Karyawan Pt Wijaya Karya (Persero) Tbk (Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas 50 Mw Sumbawa). Jurnal Psimawa, 1(1), 26–29.

Sari, P. P., Sumardi, & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157–170.

Subhan, M. (2022). Long Distance Marriage (Ldm) Dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnalstudi Keislaman, 8(2), 444–465.

Sugiyono, P. D. (2009). Metode Penelitian Administrasi (17th ed). CV Alfabeta.

Suryadi Anggita Hardianti, Tania Salsabila, S. N. (2022). Dampak Pola Asuh Long Distance Marriage Terhadap Psikologis Anak. 5(1), 56–62.

Suryati. (2008). The Baby Blues and Postnatal Depression. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(2), 191–193.

Sutinah. (2019). Metode Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8, 161–224.

Ubabuddin. (2018). Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam. 3(1).

Wayan, N. W. E., Rayhani, N. K. Y., & Senjaya, A. A. (2023). Karakteristik Ibu Postpartum dan Dukungan Suami dengan Baby Blues Syndrome. Jurnl Iliah Kebidanan, 11(1), 114–120.

Wiguna, ida bagus alit arta, & Ekaningtyas, N. L. D. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Daring Di Rumah. 6(1), 86–95.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v12i2.60867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats