Identifikasi permainan tradisional untuk meningkatkan perkembangan anak usia dini di kabupaten lombok utara

Baik Nilawati Astini, Universitas Mataram, Indonesia
Ika Rachmayani, Universitas Mataram, Indonesia
Nurhasanah Nurhasanah, Universitas Mataram, Indonesia
Nuha Fathin Zakiyah, Universitas Mataram, Indonesia

Abstract


Permainan tradisional merupakan permainan yang ada sejak zaman dahulu dan memiliki nilai adat yang diwariskan dari generasi ke generasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permainan tradisional yang dapat dimainkan oleh anak usia dini, dan dapat meningkatkan perkembangan anak usia dini di Kabupaten Lombok Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian survei. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu delapan pendidik TK atau PAUD dan dua tokoh masyarakat. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga puluh dua  permainan tradisional yang diidentifikasi di Kabupaten Lombok Utara, berdasarkan tahapan bermain dan aturan bermain terdapat dua puluh dua permainan tradisional yang dapat dimainkan oleh anak usia dini, serta dapat meningkatkan perkembangan anak usia dini. Permainan tersebut yaitu belajur atau jurjur, rempak atau pasit, gade atau pegadean, jiret atau  kendeker, sit atau  seboq peta, icung-icung pangi atau ugem-ugem, singklak, bekel, gogorinsing, tolang bagek, derek, domikado, sut jalan, geplek, benteng atau bakar, lengkak, terompah, bale-balean, karet, manuk-manukan, main batu, dan selae.


Keywords


traditional games, early childhood development, lombok utara

Full Text:

PDF

References


Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375.

Antara, P. A. (2015). Pengembangan bakat seni anak pada taman kanak-kanak. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(1), 29–34. https://doi.org/10.21009/jiv.1001.4.

Azizah, M. I. (2016). Ilza Ma’azi Azizah. Efektivitas pembeljaran menggunakan permainan tradisional terhadap motivasi dan hasil belajar Materi Gaya Di Kelas IV MIN N.

Cendana, H., & Suryana, D. (2021). Pengembangan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771–778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516.

Habibi, M. (2018). Analisis kebutuhan anak usia dini (buku ajar S1 PAUD). Deepublish.

Hanifiah, E., Marijono, M., & Imsiyah, N. (2018). Pengembangan kemampuan kognitif melalui permainan tradisional dakon di paud tunas permata perumahan permata giri kabupaten banyuwangi. Learning Community: Jurnal …, 1(2), 18–20. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8079.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis perkembangan sosial emosional anak usia dini pada permainan tradisional. Preschool. Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 11–28.

Muthmainah, -, Astuti, B., & Fatimaningrum, A. S. (2016). Pelatihan pengembangan permainan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 817–824. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12379.

Nuriman, R., Kusmaedi, N., & Yanto, S. (2016). Pengaruh permainan olahraga tradisional bebentengan terhadap kemampuan kelincahan anak usia 8-9 tahun. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 1(1), 29. https://doi.org/10.17509/jtikor.v1i1.1550.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Alfabeta.

Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan tradisional dalam budaya dan perkembangan anak. Paradigma, 02, 1–5.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v11i2.53123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats