Penanaman Nilai Agama Katolik Anak Usia Dini Melalui Proyek “Mini Bible”

Anastasia Arum Sari Dyahningtyas, Yogyakarta State University, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui nilai-nilai agama yang terkandung dalam proyek “Mini Bible” yang dilakukan oleh anak usia dini serta mengetahui dampak positif dalam proyek “Mini Bible”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan pengumpulan data (dokumen). Dokumen yang dikumpulkan berfungsi sebagai data pendukung. Keabsahan data dapat dilihat pada saat melakukan proyek “Mini Bible” yaitu dengan mengecek dan mengobservasi segala aktivitas yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dalam kegiatan penanaman nilai agama Katolik melalui proyek “Mini Bible” serta melakukan wawancara dengan pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui proyek “Mini Bible” terdapat penanaman nilai agama untuk anak usia dini. Adapun nilai agama yang terdapat dalam proyek “Mini Bible” adalah menumbuhkan iman dan cinta kepada Tuhan, mendorong anak untuk menyembah Tuhan dan menolong anak jadi lebih memiliki iman serta taat kepada Allah. Nilai-nilai inilah yang sangat diperlukan untuk menjadi dasar anak usia dini kelak di dalam menjalankan aktivitas pada tahap usia berikutnya. Secara garis besar ada dampak positif yang dapat berpengaruh besar terhadap perkembangan agama anak yaitu anak menjadi lebih rajin membaca Kitab Suci, lebih rajin berdoa dan lebih mengenal Tuhan.

Keywords


penanaman nilai agama katolik; proyek mini bible; anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Al Mubarok, A. A. S. A. (2021). Alat permainan edukatif dalam menanamkan nilai agama dan moral anak usia dini. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 93. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10103.

B.S. Sidjabat. (2012). Membesarkan anak dengan kreatif. In Ebook (p. 300).

Bastian, R. (2020). Pengaruh sosialisasi dalam keluarga terhadap perkembangan sosial anak usia dini di masyarakat desa koto lamo sumatera barat. Indonesian Journal Of Adult and Community Education, 2(1), 1. https://id.wikipedia.org/wiki/Sumatra_Barat.

Botutihe, S. N., Smith, M. Bin, Kasan, I. A., & Hilala, R. (2021). Strategi pembelajaran physical distancing PAUD dalam menghadapi pandemi Covid19. 5(2), 1536–1543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.919.

Brooks, J. (2011). The process of parenting: edisi kedelapan. (Terjemahan Rahmat Fajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Edisi asli diterbitkan tahun 2011 oleh McGraw-Hill, on Imprint of The McGraw-Hill, Inc, New York).

Christianti, M. (2011). Pembelajaran anak usia dini dengan pendekatan proyek. Dinamika Pendidikan, 18(2).

D. Hendropuspito; (1983). Sosiologi agama. Kanisius.

Das, S. W. H. (2018). The Character education of early childhood: Brain-based teaching approach. 231(Amca), 25–28. https://doi.org/10.2991/amca-18.2018.8.

Dister, N. S. (1990). Pengalaman dan motivasi beragama. Nico Syukur Dister.

Dockett, Sue. (2002). Play and pedagogy in early childhood bending the rules. Australia: Nelson Australia.

Endang, B. (2012). Futurologi dan phenomenologi nilai spritual (Hubungan Allah, manusia dan alam). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1), 241–258. https://doi.org/10.26418/jvip.v2i1.366.

Esa, M. (2017). Peranan media gambar dalam proses pembelajaran agama katolik Paustina N. Mahuze 1. Jurnal Jumpa, V(1), 38–52. https://ojs.stkyakobus.ac.id/index.php/JUMPA/article/download/36/33.

Gjelaj, M., Buza, K., Shatri, K., & Zabeli, N. (2020). Digital technologies in early childhood: Attitudes and practices of parents and teachers in Kosovo. International Journal of Instruction, 13(1), 165–184. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13111a.

Gür, B. S. (2019). Religious education. In The Routledge Handbook of Turkish Politics. https://doi.org/10.4324/9781315143842.

Hidayat, O. S. (2019). Metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama. Univeristas Terbuka.

Hutagalung, S. (2015). Tiga dimensi dasar relasi manusia dalam kehidupan sosial. Jurnal Koinonia, 10(2), 81–91.

Katz & Chard. (1989). Engaging children’s mind: The project approach. New Jersey: Ablex.

Kesuma, A. T., Harun, Putranta, H., Mailool, J., & Adi Kistoro, H. C. (2020). The effects of MANSA historical board game toward the students’ creativity and learning outcomes on historical subjects. European Journal of Educational Research, 9(4), 1689–1700. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.4.1689.

Kintani, Y., Ali, M., & Endang, B. (2013). Sikap percaya diri dalam proses pembelajaran pada anak usia 5-6 tahun di segedong. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(10), 1–11.

Kohlberg, L. (1963). The development of children’s orientation toward a moral order. Department of Psychology, University of Chicago, 6, 11–33.

Lestari, K., Harun, H., & Fauziah, P. (2021). Strategi taman kanak-kanak dalam mengoptimalkan pembelajaran masa pandemi di kecamatan nanga pinoh. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1951–1959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1014.

Lynch, M. (2015). More play, the perspective of kindergarten teachers on play in the classroom. American Journal of Play, 7(3), 347–370.

Marija, P., Kawangung, Y., & Kause, M. (2019). Pendekatan humanis-religius pada pendidikan kristen sebagai pembentukan karakter generasi milenial. Jurnal Teruna Bhakti, 2(1), 49. https://doi.org/10.47131/jtb.v2i1.36.

Morrison, G. S. (2012). Dasar-asar pendidikan anak usia dini. Edisi Kelima. (Penerjemah Suci Romadhona dan Apri Widiastuti). Jakarta: Indeks. (Edisi asli diterbitkan tahun 2008 oleh Pearson Education, Inc).

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas pembelajaran pendidik PAUD di tengah pandemi covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699.

Nurjanah, S. (2018). Perkembangan nilai agama dan moral (sttpa tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177.

Oktarina, A., & Latipah, E. (2021). Perkembangan agama anak usia dini (usia 0-6 tahun) beserta stimulasinya. 10(1), 137–149.

Permataputri, D. I., & Syamsudin, A. (2021). Pembelajaran nilai agama dan moral anak usia dini melalui metode montessori selama pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 693–703. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1042.

Pujiawati, D. (2015). Sifat-sifa pemahaman nilai agama dan moral. Http://Devyintanpujiawati.Blogspot.Com/2015/03/Sifat-Sifat-Pemahaman-Anak-Dalam-Nilai.Html.

Richards, C. (1976). Creative chools. education 3-13, 4(1), 3. https://doi.org/10.1080/03004277608558817.

Saputra, M. A. (2016). Penanaman nilai-nilai agama pada anak usia dini di R.a. Ad Addariyah Kota Palopo. Al-Qalam, 20(2), 197. https://doi.org/10.31969/alq.v20i2.190.

Siti Amanah. (n.d.). Religiusitas, spritualitas dalam kajian psikologi dan urgensi perumusan religiusitas islam, (105), 199–208.

Studi, J., Komunikasi, S., & Simbolik, I. (n.d.). Pengalaman religius katolik sebagai proses interaksi dan komunikasi dalam keluarga jawa (studisosiologi komunikasi dengan pendekatan interaksi simbolik). Alex Ibnu Muridjal. 4(1), 1–14.

Syamsudin, A. (2015). Pengembangan nilai-nilai gama dan moral pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i2.3018.

Syarifuddin, S. (2017). Bimbingan agama pada anak usia dini. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 16(32), 43. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v16i32.1879.

Tafonao, T. (2018). Peran pengajaran pendidikan gama kristen dalam keluarga sangat penting. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 125.

Tarihoran, E. (2013). Media dan teknologi pembelajaran dalam pengajaran agama katolik. 77–81.

Tjandra, D. S. (2020). Implementasi pembelajaran pendidikan agama kristen di abad 21. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i1.33.

Yastika, N., & Haryanto, H. (2016). Pengaruh metode pbl dan metode expository terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 107. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7716.

Zamzami, E. M. (2020). Aplikasi edutainment pendukung pembelajaran jarak jauh TK merujuk standar nasional PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 985–995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.750.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats