Studi Kasus Keterampilan Sosial Anak Usia Dini dari Orang Tua Tunanetra

Authors

  • Najiyah Uthpah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sumardi Sumardi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.40919

Keywords:

early childhood, social skills, blind

Abstract

Keterampilan sosial merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan anak. Anak usia dini harus memiliki keterampilan sosial yang baik karena dengan keterampilan sosial yang baik maka akan lebih mudah diterima dalam lingkungan sosialnya. Orang tua menjadi bagian yang sangat penting dalam mendidik keterampilan sosial anak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak usia 6 tahun yang bersekolah di TK Rabbani Kecamatan Ciamis, tinggal dan diurus oleh kedua orang tua yang mengalami tunanetra, anak yang memiliki orang tua tunanetra menjadi alasan peneliti melakukan penelitian ini, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan sosial yang dimiliki anak usia dini yang tinggal dan dibesarkan oleh kedua orang tua tunanetra. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode Studi kasus deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil temuan dilapangan didapatkan subjek merupakan anak yang pendiam, suka memilih dalam pertemanan, selain itu  subjek sudah mampu berempati dan mandiri.

Author Biography

Najiyah Uthpah, Universitas Pendidikan Indonesia

Fakultas Ilmu Pendidikan

Downloads

Published

2021-12-10

How to Cite

Uthpah, N., Mulyana, E. H., & Sumardi, S. (2021). Studi Kasus Keterampilan Sosial Anak Usia Dini dari Orang Tua Tunanetra. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 10(2), 104–110. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.40919