Media Pembelajaran Hetasisku untuk Mengenalkan Metamorfosis Kupu-Kupu pada Anak TK Kelompok B

Authors

  • Alfin Rahmawati Putri Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.38740

Keywords:

media pembelajaran, hetasisku, metamorfosis kupu-kupu, anak

Abstract

Media pembelajaran yang menarik menjadi komponen penting dalam kegiatan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Heksagonal Metamorfosis Kupu-kupu (Hetasisku) dan menghasilkan media pembelajaran yang layak untuk mengenalkan metamorfosis kupu-kupu pada anak kelompok B di TK Masyithoh Budi Lestari, Kepek, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan instrumen berupa angket dengan skala Likert empat pilihan. Hasil penelitian ini terdiri dari media Hetasisku dan buku pedoman guru. Tingkat kelayakan media pembelajaran Hetasisku oleh ahli materi memperoleh skor 88.33% (kategori sangat layak), oleh ahli media memperoleh skor 91,67% (kategori sangat layak), dan oleh guru kelas mendapatkan skor 85% (kategori sangat layak). Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat layak digunakan untuk mengenalkan metamorfosis kupu-kupu pada anak TK Kelompok B.

References

Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang sistem pendidikan Nasional.

Djaelani, M. (2010). Metode penelitian bagi pendidik. Jakarta: Penerbit PT. Multi Kreasi Satudelapan.

Hasnida. (2014). Media pembelajaran kreatif mendukung pembelajaran pada anak usia dini. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Khadijah. (2016). Pengembangan kognitif anak usia dini. Medan: IKAPI.

Latif, M. dkk. 2013. Orientasi baru pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kencana.

Musfiqon & Nurdiansyah. (2015). Pendekatan pembelajaran saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Mursid. (2015). Pengembangan pembelajaran paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalimun, Faddillah, H. & Ariani, A. (2013). Perkembangan dan pengembangan kreativitas. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurrahman, A. (2017). Peran serta media pembelajaran dalam memfasilitasi belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak 7(2). 101-105. https://doi. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24453

Permendikbud. (2014). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan RI nomor 137, tahun 2014, tentang standar nasional pendidikan anak usia dini.

Pribadi, B. (2011). Langkah penting merancang kegiatan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Khadijah. (2016). Pengembangan kognitif anak usia dini. Medan: IKAPI.

Sanaky, H. A. H. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Suyadi & Maulidya. (2013). Konsep dasar paud. Bandung: Remaja Roesdakarya.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar pendidikan PAUD. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Tim. (2016). Buku panduan praktikum sains dalam pendidikan anak usia dini. Universitas Sriwijaya: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Yusuf, L. N. (2012). Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Roesdakarya.

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi program pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zaman, B., Hernawan, A.H. dan Eliyawati, C. (2005). Media dan sumber belajar TK. Modul universitas terbuka. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2021-07-04

How to Cite

Putri, A. R. (2021). Media Pembelajaran Hetasisku untuk Mengenalkan Metamorfosis Kupu-Kupu pada Anak TK Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 10(1), 13–24. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.38740