Pengaruh kegiatan senam irama terhadap kecerdasan kinestetik pada anak kelompok b tk mustabaqul khoir Palembang
Taty Fauzi,
Rahmah Novianti,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kegiatan senam irama terhadap kecerdasan kinestetik pada anak kelompok B TK Mustabaqul Khoir palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 dengan jumlah 16 anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen desain Pre-Experimental Designs dengan jenis One-Shot Case Study. Dalam desain ini terdapat suatu kelompok diberi treatment, dan selanjutnya diobservasi hasilnya. Berdasarkan perhitungan yang didapat untuk data pretest uji normalitas data yang diperoleh adalah 0,71 dan data posttest diperoleh 0.97 sehingga dapat dikatakan dari kedua data tersebut terdistribusi normal. Kemudian hasil perhitungan uji normalitas data untuk < atau 1,34 < 2,11, maka varians-varians dinyatakan normal. Tahap berikutnya dilakukan pengujian hipotesis dari hasil perhitungan uji-t diperoleh = 131.40 jika dibandingkan dengan 16= 94,5 berarti tolak dan diterima maka, perbandingan data pretest dan data posttest dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan senam irama terhadap kecerdasan kinestetik pada anak kelompok B di TK Mustabaqul Khoir Palembang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darsinah. (2011). Perkembangan Kognitif. PSKGJ-FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta: Qinant.
Budiartati, Emmy. (2007). Pembelajaran Melalui Bermain Berbasis Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini. Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/download/531/488. Diakses Tanggal 18 Juli 2020 pukul 08.30
Faruq, Muhammad. Muhyi. (2007). 100
Permainan Kecerdasan Kinestetik. Jakarta: Grasindo
Musfiroh, Tadkiroatun. (2005). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Ningsih, Windy. Agustin. (2019). pengaruh gerak dan lagu terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B di TK Tunas Muda Kecamatan Bahar Selatan. Universitas Jambi. Tersedia di https://core.ac.uk/download/pdf/148601174.pdf&sa. Diakses tanggal 22 Juli 2020 pukul 08.10
Prihantini, Ratna. (2016). Pengaruh Kegiatan Senam Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok A di TK Pertiwi II Metuk. Skripsi.(Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta). Tersedia di https://eprints.ums.ac.id/42654/2. Diakses Tanggal 21 Juli 2020 pukul 20.05
Syarifudin dan Wiradiharja, Sudrajat. (2014). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Kemendikbud.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutisna, dkk. (2004). Pendidikan jasmani Media Berolahraga dan Berprestasi. Jakarta: Yudistira.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.
Taty, Fauzi., & Bayu, Indra. Utama. (2019). Psikologi Perkembangan. Tangerang: Tira Smart
Taty, Fauzi., & Syska, Purnama. Sari. (2018). Kemampuan Mengendalikan Emosi Pada Siswa dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Palembang. Tersedia di https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1497. Diakses Tanggal 11 Juli 2020 pukul 09.00
Utomo, Surtiyo. (2008). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Bumi Aksara.
Zulfahmi, Muhammad. Nofan. (2016).
Pengaruh Senam Irama Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Negeri Semarang. Tersedia di https://lib.unnes.ac.id/28934/1/1601411036. Diakses pada tanggal 18 Juli 2020 pukul 08.52
DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.33564
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats