Hubungan kebiasaan orang tua mendongeng dengan buku dan kemampuan membaca permulaan pada anak usia kelompok B

Vera Nur Choirina, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kebiasaan mendongeng dengan buku yang dilakukan oleh orang tua dengan kemampuan membaca permulaan pada anak usia kelompok B (5-6 tahun) di Taman Kanak-kanak yang berada di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 60 anak dan 60 orang tua. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment untuk menguji hipotesisnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kebiasaan orang tua dalam mendongeng dengan kemampuan membaca permulaan pada anak di Taman Kanak-kanak yang berada di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta.Hasil analisis data korelasi product moment, diperoleh nilai sebesar 0,663 dan rtabel 0,330. Dengan taraf signifikan 1%, dilihat dari arah hubungan dikatakan angka koefisien korelasinya bernilai r positif, maka korelasi antara kedua variabel bersifat searah.


Keywords


kebiasaan mendongeng dengan buku, membaca permulaan, anak kelompok B

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bus, A.G, dkk. (1995). Joint book reading makes for success in learning to read. A meta-analysis on integenerational transmission of literacy. Review of Educational Research. 1-2.

Faiz, A. Z. (2017). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui kegiatan mendongeng variasi media di KB PAUD. Jurnal PG-PAUD Turnojoyo. 4 (1), 39-48.

Gerintya, S. (2018). 77,6 persen responden suka mendongeng, anda bagaimana?. Diakses 27 Januari 2019 dari laman https://tirto.id

Gutama, dkk. (2005). Mewujudkan pendidikan anak usia dini yang holistik. Seminar dan Lokakarya Nasional 2005 Pendidikan Anak Usia Dini. Kampus UGM 14-15 November 2005.

Lennox, S. (2013). Interactive read aloud-an avenue for enhancing children's language for thinking and understanding: A review of recen research. Early Childhood Education Journal. 41 (5), 382-385.

Miller, S & Pennycuf, L. (2008). The power of story: using storytelling to improve literacy learning. Journal of Cross-Deisciplinary Perspectives in Education, 1, 36-43.

Padmonodewo, S. (2003). Pendidikan anak pra sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Presiden. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional.

Purwanto, N. (2010). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (Tim Penerjemah Penada Media Group). Jakarta: Kencana.

Rosalina, A. dkk. (2010). Peranana orangtua dalam mendongeng sebelum tidur untuk optimalisasi kemampuan berkomunikasi anak usia dini. PSYCHO IDEA. No 2. IFKIP Univ Muh Purwokerto. 83.

Santoso, H. (2008). Membangun minat baca aanak usia dini melalui penyediaan buku bergambar. Artikel Pustakawan Perpustakaan UM. 1-2.

Saracho, O.N & Spodek, B. (1998) Multiple prespectives on play in early childhood education. New York: University Of New York Press.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumardiono. (2014). Apa itu home schooling. Jakarta: Panda Media.

Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jakarta. Kencana. Penanda.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Zidni, A. (2017). Mendongeng dengan berbagai media. Diakses pada tanggal 20 Maret 2019. Pada pukul 19:50. Pada laman https//klippingsastra.com.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats