Pengaruh Permainan Interaktif Berbasis Flash Terhadap Kemampuan Mengenal Gamelan di Taman Kanak-kanak

Yosimi Ratna Puti Annisa,
Ika Wahyu Wiranti,
Saras Mareta Ratri,
Galuh Yuliasih Condrosari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh permainan interaktif berbasis flash terhadap kemampuan mengenal gamelan di Taman Kanak-kanak. Kemampuan anak mengenal gamelan mencakup mengenal bentuk, nama, dan suara. Penelitian menggunakan permainan interaktif GamelanD. Sampel mengambil 15 anak kelompok B TK A1 Amien Jetis Yogyakarta. Penelitian menggunakan eksperimen sederhana model one group pretest postest. GamelanD dapat digunakan untuk melatih anak mengenal gamelan. Kenaikan rerata pretes dan posttest meliputi; 1) 3,67 pada indikator mengenal nama; 2) 3,14 pada indikator mengenal bentuk; dan 3) 4,40 pada indikator mengenal suara. Ada perbedaan yang signifikan antara hasil pretes dan postes dalam kemampuan mengenal gamelan melalui permainan interaktif GamelanD.


Kata kunci: gamelanD, flash

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.3054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats