Penelitian ini menghasilkan produk permainan harta karun si bola-bola yang aman, mudah dan menarik serta sebagai inovasi untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan permainan yang dapat membantu meningkatkan perkembangan aspek sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Model ini memiliki 10 langkah penelitian, namun karena keterbatasan peneliti, maka menggunakan 7 langkah, penelitian ini dilakukan di 5 TK dengan subjek 76 anak. Data kualitatif diperoleh dari wawancara dan data evaluasi dari para ahli, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari data permainan yaitu aspek keamanan, kemudahan, dan kemenarikan digunakan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun.
Keywords
Game, treasure, social emotional learning.
References
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Masgumelar, N.K., dkk. 2017. Pengembangan Permainan Aku dan Hewan Menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Guru Anak Usia Dini. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indinesia, 1(1). Dari http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/54574.
Martani, W. (2012). Metode Stimulasi dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi. 39(1). 112 – 120. doi: http://www.academia.edu/download/50777567/183-296-1-SM.pdf.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin UGM. 23(2). 103 – 111. doi: 10.22146/bpsi.10567
Pramono. 2015. Bermain & Permainan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Santrock, J.W. 2007. Perkembangan Anak (diterjemahkan Wisdyasinta Benedictine). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sudono, A. 2000. Sumber Belajar & Alat Permainan. Jakarta: PT Gramedia.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wiyani, Novan Ardy. 2014. Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.