KURIKULUM PAUD, GAMELAN, DAN WAYANG ORANG: REFLEKSI KEBERMAKNAAN JURUSAN PAUD BAGI MASYARAKAT BEJIHARJO, KARANGMOJO, GUNUNGKIDUL

Authors

  • Joko Pamungkas Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Amir Syamsudin Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ika Budi Maryatun Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28581

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) ini terdapat tiga seri workshop yang diselenggarakan, yaitu workshop bedah kurikulum PAUD dan pembelajaran saintifik; workshop seni gamelan dan karawitan; dan workshop pementasan seni wayang orang. Subjek sasaran PPM adalah guru-guru PAUD, dan remaja karang taruna di Sokoliman, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Keterampilan guru dalam bermain gamelan masih kurang karena  belum ada pelatihan karawitan dan gamelan. Setelah dilakukan workshop gamelan dan karawitan, dapat dilihat bahwa Guru-guru PAUD di Gugus VI Karangmojo memiliki potensi untuk melestarikan karawitan. Pementasan wayang uwong bertujuan untuk memberikan kegiatan kepada karang taruna berbasis budaya, serta menjalin kerjasama antara karang taruna Sokoliman dengan Universitas Negeri Yogyakarta.

 

Kata Kunci: kurikulum PAUD, gamelan, karawitan, wayang uwong, guru PAUD.

Author Biography

Joko Pamungkas, Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Sinta ID: 6040319

Staffsite: Joko Pamungkas, M.Pd.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Pamungkas, J., Syamsudin, A., & Maryatun, I. B. (2019). KURIKULUM PAUD, GAMELAN, DAN WAYANG ORANG: REFLEKSI KEBERMAKNAAN JURUSAN PAUD BAGI MASYARAKAT BEJIHARJO, KARANGMOJO, GUNUNGKIDUL. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 8(2), 91–98. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28581