Evaluasi pembelajaran tata nilai budaya Yogyakarta di taman kanak-kanak se-kabupaten bantul Yogyakarta

Authors

  • Sudaryanti Sudaryanti Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Joko Pamungkas Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Harun Harun Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Amir Syamsudin Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.27041

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan mengelompokkan capaian perkembangan anak tentangtata nilai moral & social-emosional anak usia dini di Taman Kanak-kanak wilayah Kabupaten Bantul. Rancangan evaluasi terdiri dari deskripsi proses pembelajaran tata nilai kemasyarakatan dan tata nilai moral di Taman Kanak-kanak, penilaian capaian perkembangan anak, dan pengelompokkan capaian perkembangan tata nilai moral & social-emosional anak. Temuan penelitian adalah 53% guru TK sudah melakukan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, dan 43.2% capaian perkembangan anak sudah melampaui standar capaian perkembangan tata nilai moral & social-emosional anak.

 

Kata Kunci: nilai moral, social-emosional, pembelajaran, anak usia dini.

Author Biography

Sudaryanti Sudaryanti, Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Sinta ID: 6040319

Staffsite: Joko Pamungkas, M.Pd.

Downloads

Published

2020-11-03

How to Cite

Sudaryanti, S., Pamungkas, J., Harun, H., & Syamsudin, A. (2020). Evaluasi pembelajaran tata nilai budaya Yogyakarta di taman kanak-kanak se-kabupaten bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 9(2), 79–85. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.27041