Evaluasi pembelajaran tata nilai budaya Yogyakarta di taman kanak-kanak se-kabupaten bantul Yogyakarta
Sudaryanti Sudaryanti,
Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Joko Pamungkas,
Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Harun Harun,
Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Amir Syamsudin,
Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan mengelompokkan capaian perkembangan anak tentangtata nilai moral & social-emosional anak usia dini di Taman Kanak-kanak wilayah Kabupaten Bantul. Rancangan evaluasi terdiri dari deskripsi proses pembelajaran tata nilai kemasyarakatan dan tata nilai moral di Taman Kanak-kanak, penilaian capaian perkembangan anak, dan pengelompokkan capaian perkembangan tata nilai moral & social-emosional anak. Temuan penelitian adalah 53% guru TK sudah melakukan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, dan 43.2% capaian perkembangan anak sudah melampaui standar capaian perkembangan tata nilai moral & social-emosional anak.
Kata Kunci: nilai moral, social-emosional, pembelajaran, anak usia dini.