PERAN SERTA MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MEMFASILITASI BELAJAR ANAK USIA DINI

 Alif Nurrahman

Abstract


Penelitihan ini bertujuan untuk membuktikan dan menjelaskan peran media pembelajaran untuk memfasilitasi perkembangan pada anak usia dini yang sering disebut pada fase Golden Age. Metode penelitihan ini menggunakan prosedur pengamatan, observasi langsung pada sebuah lembaga pendidikan anak usia dini serta study literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase perkembangan otak pada usia 0-6 tahun sangat dipengaruhi oleh lingkungan pendidikannya. Lingkungan pendidikan di usia dini akan membantu perkembangan otak anak yang 80% tumbuh pada usia 0-6 tahun. Anak usia dini dilatih kecerdasaannya meliputi kognitif halus, psikomotorik kasar dan afektifnya. Hal itu akan tercapai bila mana anak pada masa Golden Age difasilitasi media pembelajaran guna menunjang pembelajaran di Pendidikan Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini akan memfasilitasi anak dalam mengisi kegiatan sehari-hari untuk melatih psikomotor, kognitif, dan menanamkan perilaku sebelum menginjak jenjang pendidikan selanjutnya.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, anak usia dini, belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

 



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.