PELATIHAN REGULASI EMOSI ANAK USIA PRASEKOLAH (3-4 TAHUN)

Authors

  • Christopora Intan Himawan Putri
  • Linda Primana

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17706

Abstract

Regulasi emosi berpengaruh pada interaksi sosial serta keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pada anak usia prasekolah kemampuan regulasi emosi sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, yakni lingkungan rumah dan sekolah. Pelatihan Regulasi Emosi Anak Usia Prasekolah (3-4 tahun) merupakan intervensi yang dilakukan di sekolah dan di rumah dengan melibatkan peranan dari pihak guru dan orangtua. Partisipan (n=9) merupakan anak usia prasekolah (3-4 tahun) yang diberikan intervensi berupa emotion course  dan  shared book reading. Emotion course  merupakan salah satu sesi yang di adaptasi dari program  Emotion-based Preventive Intervention yang  mengajarkan anak untuk belajar dan mempraktikkan akan pengenalan, penamaan, aktivasi, regulasi serta kegunaan  dari emosi. Shared book reading menggunakan buku cerita bergambar dengan tema emosi dasar  yang dibuat dengan memperhatikan teori perkembangan serta kekhasan anak Indonesia usia 3-4 tahun. Penelitian ini telah melalui proses kaji etik dan dinyatakan lulus.

 

Kata kunci: Intervensi kelas, intervensi dini, emotion book, pengaturan emosi dan prasekolah

Downloads

Published

2017-12-22

How to Cite

Putri, C. I. H., & Primana, L. (2017). PELATIHAN REGULASI EMOSI ANAK USIA PRASEKOLAH (3-4 TAHUN). Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 6(2), 190–202. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17706