PELATIHAN REGULASI EMOSI ANAK USIA PRASEKOLAH (3-4 TAHUN)
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17706Abstract
Regulasi emosi berpengaruh pada interaksi sosial serta keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pada anak usia prasekolah kemampuan regulasi emosi sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, yakni lingkungan rumah dan sekolah. Pelatihan Regulasi Emosi Anak Usia Prasekolah (3-4 tahun) merupakan intervensi yang dilakukan di sekolah dan di rumah dengan melibatkan peranan dari pihak guru dan orangtua. Partisipan (n=9) merupakan anak usia prasekolah (3-4 tahun) yang diberikan intervensi berupa emotion course dan shared book reading. Emotion course merupakan salah satu sesi yang di adaptasi dari program Emotion-based Preventive Intervention yang mengajarkan anak untuk belajar dan mempraktikkan akan pengenalan, penamaan, aktivasi, regulasi serta kegunaan dari emosi. Shared book reading menggunakan buku cerita bergambar dengan tema emosi dasar yang dibuat dengan memperhatikan teori perkembangan serta kekhasan anak Indonesia usia 3-4 tahun. Penelitian ini telah melalui proses kaji etik dan dinyatakan lulus.
Kata kunci: Intervensi kelas, intervensi dini, emotion book, pengaturan emosi dan prasekolah