RANCANGAN MODEL MEDIA AUDIO PERMAINAN DAN CERITA ANAK NUSANTARA (PERMATA NUSANTARA) UNTUK PAUD

Authors

  • Suparti -

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15681

Abstract

Salah satu prinsip pembelajaran di PAUD adalah belajar melalui bermain. Berbagai aspek perkembangan anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan permainan, misalnya permainan tradisional. Namun, berbagai permainan tradisonal mulai tergantikan dengan permainan modern yang bersifat pasif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan merancang sebuah model media audio Permata Nusantara (Permainan dan Cerita Anak Nusantara) yang dikembangkan dengan mengadopsi model ADDIE yang daapt dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran di PAUD. Rangkaian kegiatan ini merupakan sebuah tindak lanjut terhadap hasil evaluasi model MA Permata Nusantara yang direvisi berdasarkan hasil evaluasi yang dikembangkan sebelumnya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret dan April 2016 dengan melibatkan praktisi lapangan atau guru TK/PAUD sebanyak 12 orang, ahli materi yaitu dosen PAUD sebanyak 2 orang, dan ahli media dari BPMRPK sebanyak 6 orang. Hasil penelitian ini berupa blue print atau cetak biru model media audio Permata Nusantara yang meliputi spesifikasi model, rancangan garis besar isi media (GBIM), dan rancangan pengembangan bahan belajar. Dengan adanya cetak biru yang baik, diharapkan produk model media yang dihasilkan akan lebih baik.

 

Kata Kunci: desain, media audio, permata nusantara, PAUD

Downloads

Published

2017-06-20

How to Cite

-, S. (2017). RANCANGAN MODEL MEDIA AUDIO PERMAINAN DAN CERITA ANAK NUSANTARA (PERMATA NUSANTARA) UNTUK PAUD. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 6(1), 62–70. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15681